image_pdf
Seminar Nasional Ilmu Manajemen 2020

Malang Di tengah kompetisi pada pasar lapangan pekerjaan, setiap perusahaan kini dihadapkan pada kondisi lingkungan bisnis yang dinamis. Banyak perusahaan dituntut untuk menciptakan dan mempertahankan keunggulan kompetitif. Keunggulan kompetitif tidak hanya berupa sumber daya seperti finansial, fisik, dan kemampuan teknologi dan sistem,tetapi juga aspek sumber daya manusia (SDM). Ke depan, daya saing perusahaan bukan hanya terletak pada sisi modal atau keuangan, teknologi, dan bahan baku, namun juga berada pada aspek SDM yang dimiliki. Keunggulan kompetitif SDM sangat sulit ditiru oleh perusahaan pesaing karena memiliki pengetahuan dan kompleksitas yang sulit ditiru.

Seminar Nasional Ilmu Manajemen (SNIM) pada tahun 2020 mengangkat tema "Preparing for Change: How to Kickstart Your Career in Turbulence  Era". Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan gambaran bagi para peserta yang sebagian besar adalah mahasiswa tentang sebuah organisasi atau perusahaan untuk mempersiapkan perencanaan karir ke depan. Seminar Nasional Ilmu Manajemen 2020 diadakan oleh jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Malang, pada 30 Juni 2020, secara daring. SNIM 2020 diselenggarakan livemelalui aplikasi zoom dan YouTube channel resmi milik jurusan manajemen. SNIM 2020 disiarkan langsung di Labotarium Multimedia di Gedung E4 Fakultas Ekonomi. Selain mengadakan seminar melalui media daring, SNIM 2020 juga mengadalakan “call for paper” dengan tema terkait manajemen umum, manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajemen operasional, dan kewirausahaan. Seluruh makalah nantinya akan diakomodasi dalam prosiding SNIM 2020 yang akan didaftarkan ISBN.

Pembukaan SNIM oleh Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang

Konsep SNIM 2020 fokus pada pemahaman praktis dalam dunia bisnis. Terkait dengan tema besar tersebut, SNIM 2020 mengundang tiga pembicara yang berasal dari latar belakang praktisi. Pembicara pertama dalam SNIM 2020 adalah Ida Farida, S.Psi, M.M yang merupakan HR Analyst di Kantor Pusat Bank Indonesia, Jakarta. Ibu Ida membahas mengenai bagaimana perkembangan pengelolaan SDM sejauh ini serta bagaimana implementasinya di Bank Indonesia. Pembicara kedua merupakan Global Talent and learning partner for global functions dari Gojek yaitu Abdul Jabbar Jawwadurrohman, S.E. Pembicara kedua lebih fokus berdiskusi mengenai rencana karir dari pengalamannya yang juga sempat bergabung dengan PT Astra Honda Motor dan Astra International. Tidak kalah dengan dua pembicara sebelumnya, pembicara ketiga merupakan rektor termuda di Indonesia yaitu Risa Santoso, B.A., M.Ed. Risa Santoso, B.A., M.Ed saat ini adalah rektor di Institut Asia Malang. Ia merupakan lulusan dari Harvard University dengan gelar Master of Education

Para peserta mengikuti webinar melalui aplikasi zoom
Participants take part in the webinar via live youtube

Acara SNIM 2020 dibuka langsung oleh Bapak Dr. Agus Hermawan, GradDipMgt., M.Si., MBus, Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Malang. Bertindak sebagai MC adalah Yana Respati Dewi, S.E., M.M. yang juga dosen manajemen. Setelah sambutan dan pembukaan dari Wakil Dekan I, acara SNIM dilanjutkan dengan plenary session dari ketiga pembicara yang dipandu oleh Ita Prihatining Wilujeng, S.E., M.M. selaku moderator. Diakhir plenary session, antusias peserta SNIM 2020 terlihat dari banyaknya jumlah pertanyaan yang ditujukan kepada ketiga pembicara melalui live chat. Acara kemudian ditutup dengan penampilan beberapa video pemakalah yang sudah dikirim sebelumnya kepada panitia. Ketua pelaksana, Dediek Tri Kurniawan, S.E., M.M. berharap acara ini dapat membantu peserta untuk merencanakan rencana karir sejak dini berdasarkan peluang yang ada agar nantinya para calon pencari kerja, khususnya lulusan FE UM, dapat bersaing dengan memiliki keunggulan kompetitif yang telah dipersiapkan. 

Pembicara 2, Ida Farida, S.Psi, M.M (Bank Indonesia) menyampaikan materi
Suasana di Laboratorium Multimedia FE UM

Pewarta: Dediek Tri Kurniawan, S.E., M.M.