image_pdf

Senin, 20 Juli 2020. Jurusan Manajemen FE UM menyelenggarakan acara Obrolan Santai antara Dosen, Alumni dan Ahli Psikologi dalam Webinar “Alumni Talk” Seri 3 Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Thema obrloan daring kali ini adalah “Setelah lulus, lanjut kuliah, kerja atau menikah? “

“Jika bapak Ketua Jurusan diberikan kesempatan memilih, pilihan mana yang akan bapak ambil diantara ketiga pilihan diatas selepas bapak Lulus Kuliah?” tanya usil moderator acara bapak Buyung Adi Dharma, M.AP kepada bapak Ketua Jurusan Manajemen FE UM Dr. Ely Siswanto, S.Sos, M.M. “Sebenarnya apapun pilihan itu baik ya mas Buyung, tapi kalau saya pribadi setelah lulus ya milih nikah, nanti setelah nikah berjuang bersama-sama agar pahit manisnya hidup dirasakan bersama” jawab bapak Dr. Ely Siswanto, S.Sos, M.M seraya tersipu dan disambut riuh kru yang ada di Studio Laboratorium Multimedia gedung E4 lantai 2 FE UM, Momen ini bukan terjadi pada perbincangan santai biasa, melainkan salah satu bagian Sambutan dan Pembukaan dari acara Webinar  “Alumni Talk” Seri 3 yang secara rutin diadakan oleh Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang.

Acara yang dipandu oleh bapak Buyung Adi Dharma, M.AP (Dosen PADP, FE UM), dan dihadiri oleh pembicara-pembicara dari kalangan Alumni yang dirasa menarik untuk didengar perjalanan hidupnya antara lain ibu Nisrina Fitriningtias, S.Pd (Alumni Manajemen 2018, Telkom Caroline Officer), ibu Taspin Agustina S.Pd (Alumni Manajemen 2019, Lulusan Terbaik 2 FE UM) dan juga pembicara 3, Ibu Risa Rahmawati, M.Psi (Psikolog, Founder Phylia Psychocenter) menjadi sangat menarik karena secara ringan membahas satu persatu pengalaman pribadi dari masing-masing pembicara terkait jalan pilihan yang diambil setelah lulus masa perkuliahan. Perbincangan ini tidak hanya sebagai ajang sharing moment saja, tetapi juga dibedah dengan kajian-kajian keilmuan Psikologi yang disajikan oleh ibu Risa Rahmawati, M.Psi yang juga menjabat sebagai General Affair Manager Indonesia LED Consultant, lulusan Universitas Negeri Malang dan Universitas Padjajaran Bandung ini.

Kegiatan “Alumni Talk” Seri 3 yang dilaksanakan secara langsung melalui Channel Youtube jurusanmanajemenfeum ini bertujuan tidak lain dan tidak bukan adalah sebagai pembuka cakrawala bagi civitas akademisi, khususnya mahasiswa yang masih berkuliah dan menjelang kelulusan, untuk dapat mempersiapkan mental dan fisik dalam menempuh kehidupan setelah perkuliahan. Alumni dipilih menjadi pembicara karena mereka lah yang kini berada di dalam perjalanan pilihan hidupnya pasca kuliah, dan diharapkan mampu menjadi penuntun bagi adik-adik tingkatnya yang kini masih berada di bangku perkuliahan. Ahli Psikologi dihadirkan juga dalam upaya untuk dapat memaparkan solusi-solusi nyata terhadap perubahan mental dan perilaku yang sering melanda mahasiswa menjelang/pasca kelulusan.

Pada akhirnya, kegiatan Webinar “Alumni Talk” Seri 3 ini tidak bertujuan untuk menjawab pertanyaan “Apakah yang paling baik untuk saya pilih setelah lulus kuliah?”, karena pertanyaan tersebut lebih tepat untuk ditanyakan kepada diri sendiri, bukan ditanyakan terlebih dibebankan tanggung jawabnya kepada orang lain. Perlu merencanakan secara matang terkait keputusan pasca kelulusan yang didasarkan pada pemetaan potensi diri. Maka inilah andil alumni, yang berusaha hadir kembali ditengah Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang, untuk berkontribusi, demi terciptanya lulusan yang selalu siap untuk terbang.

Pewarta Lulu Nurul Istanti, S.E., M.M., Ak (Dosen di Jurusan Manajemen FE UM, dan menjabat sebagai Ketua Laboratorium Jurusan Manajemen)