image_pdf
Indonesian Social Leaders Expo tahun 2023

Malang – Pertamina Foundation kembali menyelenggarakan Indonesian Social Leaders Expo tahun 2023 pada Selasa (23/05). Bertajuk “Energizing Community Through Social Innovation”, kegiatan ini berlokasi di Auditorium Makara Art Center Universitas Indonesia. Terdapat beberapa rangkaian kegiatan dalam Indonesian Social Leaders Expo, di antaranya yaitu Launcing Kompetisi Inovasi Sosial Anak Muda, Showcase Hasil Inovasi Proyek Sosial, dan Kampanye Gerakan Sosial Anak Muda & Talkshow Interaktif.  Kegiatan yang menggunakan tagar #WeAreTheChangeMakers tersebut diisi oleh beberapa tokoh inspiratif Indonesia, di antaranya Najwa Shihab, Kang Maman, Azalea Ayuningtyas, Nicke Widyawati, Dito Ariotedjo, Agus Mashud, dan Alfatih Timur.

Universitas Negeri Malang (UM) turut berpartisipasi dalam kegiatan ini melalui Tim Bale yang mengusung Rumah Inovasi Pengolahan Limbah Kotoran Sapi sebagai perwujudan Green Economy di Desa Samar, Pagerwojo, Tulungagung. Tim Bale terdiri dari delapan mahasiswa Departemen Akuntansi FEB UM, di antaranya Farah Faadilah, Amelia Adisti, Hafizh Dwijasena Wicaksono, Muhammad Yafie Zenas Asy’ari, Putri Sasya Wilujeng, Hesti Yuliasari, Zahrotunnisaul Hidayah, dan Ferina Novelita. Pembimbing Tim Bale sendiri merupakan Bapak Slamet Fauzan, S.Pd., M.Pd dari Departemen Akuntansi.

Kepedulian terhadap lingkungan sekitar menghantarkan Tim Bale pada kegiatan bergengsi yang diselenggarakan setiap satu tahun sekali tersebut. Tim Bale menjadi satu dari 11 peserta yang terdiri dari 9 Young Leader PFMuda, 1 Super Young Leader, dan 1 Women Entreprenurship. Tim Bale terpilih dari 6.596 proposal yang masuk di Pertamina Foundation sejak 2020 hingga 2022. Prestasi membanggakan ini membawa dampak yang signifikan bagi UM, di antaranya penetapan mahasiswa UM menjadi binaan pertamina, penambahan IKU kerja sama, penambahan kinerja kemahasiswaan berupa kompetisi non belmawa tingkat nasional, serta pendanaan kewirausahaan dari pertamina.

Menurut Dosen Pembimbing Tim Bale, Slamet Fauzan, S.Pd., M.Pd, rencana selanjutnya yang akan dilakukan oleh Tim Bale adalah mengoptimalkan produk pupuk dan mengaplikasikannya ke dalam program holtikuktura UM Pertamina dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan nasional. Di samping itu, beliau berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dan membangun kerja sama yang baik antara UM dan Pertamina Foundation.

“Dengan terpilihnya UM dalam kegiatan PFMuda ini, saya berharap UM dan Pertamina Foundation dapat melakukan kerja sama lebih besar di masa depan hingga melahirkan proyek-proyek sosial yang bermanfaat bagi sekitar,” pungkas Bapak Fauzan.

Internship Humas UM – Rani Destia Wahyuningsih

Editor: Nahdiatul Affandiah