image_pdf

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-52 Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI), anggota KORPRI Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan ziarah bersama di makam leluhur dan para senior yang telah mendahului pada hari Selasa (28/11). Ziarah makam ini dilaksanakan pada beberapa makam di sekitar Kota Malang, meliputi: Taman Pemakaman Umum (TPU) Kasin, Sumbersari, Samaan, dan Bunul. 

Agenda ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan HUT ke-52 Korpri UM yang diselenggarakan setiap tahunnya. Tujuan diadakannya ziarah ini adalah untuk mengenang para pendahulu UM mulai dari mantan Rektor UM, Ketua Korpri, hingga para anggota KORPRI lain yang ada di unit-unit lembaga di UM. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 30 perwakilan dari masing-masing fakultas. 

Ketua Korpri UM, Drs. Partono, M.Pd., menjelaskan bahwa acara ini menjadi sebuah pengingat kita semua agar selalu menghargai perjuangan dan keberadaan pendahulu-pendahulu kita. “Kegiatan ini mengingatkan dan menyadarkan kita bahwa banyak pendahulu yang memiliki banyak jasa pada kehidupan kita sekarang ini. Melalui perjalanan ziarah makan ini, kita berusaha mengenang dan mengenal orang-orang yang dengan usahanya meletakkan batu pertama pada masa pembangunan, baik bangunan fisik maupun bangunan budaya dalam lingkungan UM. Selain itu, hal ini juga dalam rangka memberikan contoh kepada mahasiswa untuk menghargai jasa para pendahulu,” jelasnya.

Kegiatan tahunan ini juga menjadi salah satu wujud program Korpri UM. Jika ditinjau lebih luas, kegiatan ziarah makam oleh Korpri UM ini pertama kali dilakukan sepanjang sejarah Korpri nasional.

“Jika kita bertemu dengan teman-teman Korpri yang lain, mereka bangga sekaligus memuji kita karena ini yang pertama diantara Korpri yang lain di seluruh Indonesia. Luar biasa sekali, agenda seperti ini bisa kita wujudkan untuk terus mengenang dan mengirimkan do’a terbaik kita pada para pendahulu,” lanjut Ketua Korpri UM saat diwawancarai.

HUT Korpri kali ini berusaha untuk merajut kembali arti dari “Korps” yang merupakan wadah aparatur sipil negara di luar kedinasan. Saat ini Korpri berdiri sendiri dan menjadi tempat atas kesejahteraan bersama. ASN harus bisa netral dalam memandang fenomena yang ada dan turut berjuang bersama-sama. 

Harapannya, momen HUT ke-52 Korpri UM tahun ini bisa menggugah kita semua untuk sama-sama sadar dalam menjunjung Korpri UM atas kesejahteraan satu sama lain, baik itu yang telah purna atau yang masih menjadi anggota aktif.

Pewarta: Muhammad Daffa Pradana – Internship Humas UM

Editor: Luthfi Maulida Rochmah – Internship Humas UM