image_pdf
Dosen Ilmu Komunikasi UM bersama Pimpinan Redaksi Tribun Jateng

Malang – Saat ini, media dan teknologi menjadi dua dimensi yang tidak dapat dipisahkan, terutama jika membahas tentang media online. Kemampuannya dalam menyampaikan pesan pada publik dengan jangkauan yang sangat luas dan low cost, berperan penting membantu berbagai macam kepentingan, baik untuk edukasi, publikasi, promosi bagi organisasi/masyarakat. Pesatnya era teknologi dan informasi saat ini, menjadikan media massa tak luput dari aspek kehidupan termasuk pendidikan. Tuntutan global turut menuntut dunia pendidikan untuk menyesuaikan peningkatan mutu pendidikan terutama penyesuaian kemampuan teknologi. 

Dosen Ilmu Komunikasi UM bersama dengan Pimpinan Redaksi Brilio.net

Untuk meningkatkan kualitas intelektual mahasiswa di era mahadata, Prodi S1 Ilmu Komunikasi UM berkolaborasi dengan DUDI seperti perusahaan start-up Impala Network dan beberapa media online populer seperti Tribun Jateng, Mojok.co, dan Brilio.net melalui kunjungan dosen pada 25-26 September 2023 ke Jawa Tengah. Bentuk nyata dari kolaborasi ini, tertuang dalam dokumen kerjasama (MoA) yang mencakup pengiriman mahasiswa magang (internship), dimana mahasiswa UM memiliki kesempatan untuk memperluas wawasan terkait dunia kerja dan pengalaman praktis dari perusahaan-perusahaan media massa tersebut selama 3-6 bulan. Dalam moment itu, disepakati juga bahwa Dosen dan Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi berkesempatan berbagi pengetahuan dan pengalaman melalui program pendampingan ide bisnis di bidang komunikasi kreatif dan berkolaborasi dalam memublikasikan tulisan di media massa.

Diharapkan kerja sama antara Prodi Ilmu Komunikasi UM dengan DUDI semakin memperkuat peran Perguruan Tinggi dalam meningkatkan kualitas daya saing lulusan di dunia kerja

Penulis: Shofwah Hilyatul Auliya 

Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi UM