image_pdf

Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) meresmikan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama dengan Universitas Negeri Malang (UM) di Gedung Dwiwarna Purwa pada Senin, 29 Januari. Kepala Sub Direktorat Hubungan Masyarakat dan Kerja Sama UM, Dra. Komariyah, hadir mewakili Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd. Kegiatan ini juga dihadiri oleh seluruh pimpinan mitra kerja sama Lemhannas RI.

Plt. Gubernur Lemhannas Laksdya TNI Maman Firmansyah mengungkapkan garis besar Lemhannas RI sebagai salah satu lembaga penting di Indonesia. “Lemhannas adalah lembaga struktural yang bertugas memberikan pendidikan terhadap calon-calon pemimpin nasional, baik ASN maupun Non-ASN,” ungkapnya dalam sambutannya.

Secara lebih spesifik, Lemhannas RI sebagai lembaga struktural yang langsung bertanggung jawab kepada Presiden memiliki empat tugas utama, yaitu melaksanakan pendidikan bagi kader pimpinan nasional, mengkaji isu-isu strategis pada tingkat nasional dan global, pemantapan nilai-nilai kebangsaan, dan tugas pengukuran ketahanan nasional.

Guna mengoptimalkan keempat tugas utama tersebut, Lemhannas RI membutuhkan kolaborasi yang solid dengan berbagai pihak. “Guna mencapai tugas dan fungsi secara optimal, Lemhannas RI membutuhkan kolaborasi secara komprehensif dengan berbagai pihak, termasuk lembaga pendidikan tinggi, pemerintah daerah, dan perusahaan terkait, untuk mencapai tugas dan fungsi secara optimal,” sambung Laksdya Maman.

Sebagai mitra strategis, kolaborasi antara UM dengan Lemhannas RI mencakup peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui aspek pendidikan, pengabdian kepada masyarakat, pertukaran tenaga ahli, pemantapan nilai-nilai kebangsaan serta penyelenggaraan kegiatan ilmiah seperti seminar dan lokakarya. Kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan ketahanan nasional dan menyebarkan wawasan kebangsaan hingga ke akar rumput, termasuk pada civitas akademika perguruan tinggi.

Selain dengan UM, Lemhannas RI juga menandatangani nota kesepahaman dengan instansi lain seperti Universitas Negeri Surabaya, Universitas Muhammadiyah Malang, dan Institut Bisnis dan Multimedia (IBM) Asmi, Nexter Company of KNDS, PT Abipraya Brantas (Persero), dan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit.

Sejumlah perjanjian kerja sama juga ditandatangani oleh pejabat Lemhannas RI, seperti Sekretaris Utama Lemhannas RI, Komjen Pol Drs. R. Z. Panca Putra S., M.Si., dengan Pj. Sekda Pemprov Jawa Barat dan Pimpinan BRI Veteran Jakarta. Deputi Pengkajian Strategik Lemhannas RI, Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni, M.P., menandatangani perjanjian kerja sama dengan Sekjen Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia. Sementara itu, Deputi Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhannas RI, Mayjen TNI Rido Hermawan, M.Sc., menandatangani perjanjian kerja sama mengenai pemantapan nilai-nilai kebangsaan dengan berbagai organisasi, seperti Ketua Umum APINDO; Ketua Umum Ikatan Alumni Kenotariatan Universitas Diponegoro; Ketua Umum Ikatan Notaris Indonesia; Ketua Umum Asosiasi Pemimpin Digital Indonesia; dan Founder of Intuisi Institute.

Kegiatan penandatanganan diakhiri dengan sesi dokumentasi dan ramah tamah antara pimpinan Lemhannas RI bersama dengan seluruh mitra.

Pewarta: Paundra Wangsa Fajar Kusuma – Internship Humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM