image_pdf

Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang (FIK UM) kembali melaksanakan kegiatan Student Inbound Mobility bersama Fakultas Sains Sukan dan Rekreasi Universiti Teknologi MARA (FSR UiTM) Shah Alam, Malaysia. Ini merupakan kali kedua UiTM Malaysia datang ke FIK UM, sebelumnya UM dan UiTM pernah melakukan Student Inbound Mobility di tahun 2023. Peserta dari kegiatan ini adalah mahasiswa dari FIK UM dan FSR UiTM Malaysia, serta dosen dari UiTM Malaysia.

Kegiatan ini telah dilaksanakan pada tanggal 4-11 Januari 2024 bertempat di Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang, Kota Malang, dan sekitarnya. Selain kegiatan Guest Lecture, Campus Tour, terdapat juga kegiatan lainnya seperti Traditional Games Competition, Mini Sports Project, City Tour and Cultural Exchange serta kegiatan menarik lainnya.

Dalam wawancara eksklusif dengan Ketua Pelaksana I3NEW, Dinta Sugiarto, S.Or., M.Kes., menyatakan bahwa keberhasilan Program Inbound Mobility telah menjadi langkah nyata dalam mewujudkan kolaborasi lintas negara di bidang kesehatan, olahraga, dan budaya.

“Keinginan kami untuk menggali kolaborasi lintas negara dalam sektor kesehatan, olahraga, dan budaya telah mendorong kelahiran Program Inbound Mobility. Melalui serangkaian kegiatan seperti guest lecture, campus tour, mini traditional game, and city tour, kami fokus pada kolaborasi dalam pendidikan olahraga, manajemen olahraga, kesehatan, dan penelitian antara UiTM dan UM,” ujar Dinta Sugiarto dengan semangat.

“Saya percaya bahwa program ini bukan hanya tentang pertukaran ilmu, tetapi juga pertukaran pengalaman dan pemahaman mendalam antara mahasiswa Indonesia dan Malaysia. Kami ingin mereka dapat saling bertukar pikiran, berdiskusi tentang permasalahan olahraga, dan dapat memahami serta menerima perbedaan di lingkungan sosial mereka,” tambahnya.

Kegiatan pertama adalah pembukaan yang dilaksanakan di lantai 7 Fakultas Ilmu Keolahragaan pada 5 Januari 2024. Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan Guest Lecture dan Mini Liga Sukan dan Bola Tampar yang dimainkan antar mahasiswa UM dan UiTM. 

Kegiatan kuliah tamu diselenggarakan pada tanggal 5, 8, 9, dan 10 Januari 2024 di 4 departemen di FIK, yaitu Departemen Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Departemen Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Departemen Ilmu Keolahragaan, dan Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat. Pembicara kuliah tamu yaitu Dr. Cassendra Gilbert dan EN. Adam Afif Bin Mohammad Azmi dari UiTM Malaysia.

Selain itu, mahasiswa UiTM dan UM melakukan city tour ke berbagai tempat, seperti keliling Kota Malang menggunakan Macito, mengunjungi Museum Angkut, coban talun dan Bromo. Kemudian pada tanggal 10 Januari 2024 diisi dengan kegiatan Guest Lecture, taklimak dan Corporate social responsibility (CSR) bersama SLB Autis Laboratorium UM, serta puncak acara yakni Culture Night and Gala Dinner

Acara Culture Night and Gala Dinner ini dibuka dengan penuh semangat oleh Dekan FIK UM, Dr. Sapto Adi, M.Kes. Dalam sambutannya, Dr. Sapto Adi mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam menyelenggarakan acara ini. Acara ditutup dengan serangkaian penampilan budaya dari mahasiswa UiTM Malaysia yang memukau para tamu undangan dengan keindahan tarian tradisional, musik, dan pameran seni.

Ketua Pelaksana I3NEW berharap dengan adanya kegiatan Student Inbound Mobility setiap mahasiswa yang terlibat dapat membawa pulang tambahan pengalaman dan pengetahuan, khususnya terkait dengan perkembangan ilmu olahraga, kesehatan, budaya, bahasa, dan pendidikan di kedua negara. “Kami yakin program ini bukan hanya meningkatkan kapasitas mereka, tetapi juga memperkaya jiwa dan pandangan mereka terhadap dunia,” tutup Dinta.

Pewarta : Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM