image_pdf

Wujud perlawanan terhadap penyebaran dan penyalahgunaan narkoba, Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Malang (UM) menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Malang dalam menggelar Bincang Santai bersama BNN. Acara digelar pada Rabu (22/05) di Aula Panti PKK Desa Sumbersekar Kecamatan Dau Kabupaten Malang dengan tagline “Anak Sehat Ibu Ceria”. Kegiatan ini diadakan sebagai upaya preventif dan promotif terkait penyalahgunaan narkoba berkolaborasi dengan TK Dharma Wanita Persatuan 1 Sumbersekar dan Kelompok Bermain Taman Harapan.

 “Kami sangat senang dan terima kasih banyak kepada mahasiswa Ilmu Komunikasi UM dan BNN Kabupaten Malang yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Meskipun kami berada di daerah pinggiran Kabupaten Malang, kami merasa senang dapat diperhatikan apalagi narkoba bisa menyerang siapa saja.” ujar Kepala Sekolah TK Dharma Wanita Persatuan 1 Sumbersekar, Liin S.Pd dalam sambutannya.

Kegiatan ini menargetkan wali murid TK Dharma Wanita Persatuan 1 Sumbersekar dan Kelompok Bermain Taman Harapan. Melalui edukasi parenting yang khusus dikemas dalam pemberdayaan wali murid, informasi terkait narkoba dapat disampaikan dengan teknik parenting yang telah disampaikan dalam sesi penyuluhan.

“Desa Sumbersekar menjadi rawan sebagai lokasi transit penyebaran narkoba karena letaknya di perbatasan Kabupaten Malang dan Kota Batu. Tentu saja, kewaspadaan harus terus ditingkatkan sebagai bentuk perlindungan bagi diri sendiri dan keluarga” ungkap Nurteta Wulansari, S.I,Kom., MA selaku penyuluh dan perwakilan BNN Kabupaten Malang. 

Selain itu, kegiatan ini menjadi kesempatan bagi BNN Kabupaten Malang untuk memecah stigma bahwa BNN adalah institusi yang menyeramkan dan menakutkan bagi sebagian masyarakat. Dengan adanya kegiatan Bincang Santai bersama BNN serta kerjasama dengan Program Studi Ilmu Komunikasi UM, diharapkan stigma tersebut dapat diurai. Setiap bagian masyarakat, terutama wali murid, bisa menjadi garda terdepan dalam mengatasi penyalahgunaan narkoba.

“Jadi ketika orang terdekat kita telah menjadi pecandu narkoba, jangan takut, kami BNN Kabupaten Malang siap mewadahi untuk melakukan rehabilitasi. Rehabilitasi ini sebagai program penyembuhan. Dengan demikian pecandu tersebut dapat pulih dan bisa kembali bersama keluarga sedia kala tanpa momok narkoba.” kutipan pesan Nurteta Wulansari. 

Sebagai bentuk apresiasi kepada wali murid yang aktif dalam kegiatan ini, panitia membagikan doorprize menarik untuk meningkatkan antusiasme peserta. Hal ini juga sebagai bukti bahwa BNN Kabupaten Malang dan Program Studi Ilmu Komunikasi UM telah menjadi bagian yang kuat dari keluarga masyarakat Kabupaten Malang, sehingga melalui rasa kekeluargaan dapat menumbuhkan sikap saling menjaga terhadap sesama dari ancaman bahaya narkoba

Pewarta: Afgian Gala Mahiya Ikhsan – Internship Humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM