image_pdf
Salma Hanin Zayyana dari S1 Pendidikan Sosiologi

Poor. Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) berhasil mengukir prestasi pada ajang pemilihan Duta Hijab Radar Malang (DHRM) 2021. Salma Hanin Zayyana dari S1 Pendidikan Sosiologi dan Rischa Dwitasari dari S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat berhasil tampil memukau dengan unjuk bakat yang dimilikinya.

Proses seleksi yang panjang sejak 7 Februari 2021 hingga 7 Maret 2021 menghantarkan Salma Hanin Zayyana berhasil menjadi 1st Runner Up  DHRM 2021 dan Rischa Dwitasari menjadi 2nd Runner Up DHRM 2021.

Dua mahasiswa UM tersebut harus bersaing dengan siswa dan mahasiswa di Malang dengan menampilkan berbagai bakat yang dimiliki. Beberapa seleksi yang harus dilewati yaitu ters tertulis, wawancara terbuka, wawancara tertutup, karantina dan deep interview.

Rischa Dwitasari dari S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat

Sebelum menjadi 1st Runner Up, Hanin juga telah menjadi bagian dari Duta Kampus UM 2018. Namun, setiap ajang pemilihan duta tentu memiliki berbagai karakteristik pemilihan yang berbeda.

Hanin menjelaskan bahwa seluruh tahapan seleksi memiliki tantangan yang berbeda-beda. Namun, tantangan terberat yaitu harus bersaing dengan kurang lebih 180 peserta lainnya. “Semua tahapan seleksi tentunya memiliki berbagai tantangan tersendiri, namun menurut saya tantangan terberat yaitu harus bisa bersaing dengan sekitar 180 orang wanita lainnya,” imbuhnya pada Senin (8/3).

Disisi lain, menurut Rischa, ini kali pertamanya mengikuti beauty pageant sehingga masih belum berpengalaman dalam bidang tersebut.

Mengikuti DHRM 2021 dapat memiliki wawasan yang baru dan lebih luas. “Motivasi saya mengikuti pemilihan DHRM 2021 yakni ingin belajar hal baru, mengingat bahwa Jawa Pos Radar Malang merupakan media terbesar di malang raya. Sebagai wanita muslimah saya juga ingin lebih menyuarakan lagi bahwa dengan hijab wanita tidak terbatasi untuk menggapai mimpinya,” jelas Hanin penuh semangat.

Hanin maupun Rischa telah mempersiakan public speaking untuk tahap wawancara. Selain itu, Hanin juga mempersiapkan wawasan terkait hijab, jurnalistik dan pengetahuan umum tentang kota Malang. “Tentunya setiap tahapan seleksi saya lakukan dengan maksimal dan sepenuh hati, kemudian hasilnya saya serahkan kepada penilaian juri serta tidak lupa berdoa untuk hasil yang memuaskan,” ungkap Hanin.

Reporter: Siti Nuradilla - UM Public Relations Internship