image_pdf

MDGB (Majelis Dewan Guru Besar) dari 16 PTNBH  (Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum) se-Indonesia bertandang ke UM (Universitas Negeri Malang) selama dua hari dan bertempat di Iijen Suites Resort and Convention Center untuk visitasi pada Rabu (15/03). Kegiatan tersebut masuk dalam rangkaian acara sidang paripurna juga seminar nasional MDGB PTNBH yang diselenggarakan oleh Dewan Profesor UB (Universitas Brawijaya) dan Komisi Guru Besar UM. Dalam agendanya, diadakan campus tour di UB dan UM. Kunjungan ke UM dimulai sejak pukul 17.00 dan berakhir sekitar pukul 18.30. Meski terbilang cukup sebentar, kebersamaan dan visitasi ini terasa bermakna dan cukup membuat silaturahmi semakin baik antara guru besar PTNBH se-Indonesia. 

Secara keseluruhan kegiatan ini mengusung tema “Konstruksi PTN-BH dalam Menghadapi Krisis Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2045”. Tema ini sengaja dipilih untuk mempersiapkan ketahanan menghadapi permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan lingkungan hidup dan sumber daya alam di masa yang akan datang. 

“Forum ini mencakup masalah pendidikan di Indonesia, isu- isu penelitian, dan isu-isu kebijakan yang akan didiskusikan melalui forum ini” tutur Prof. Dr. Ir. Syaad Patmanthara, M.Pd., selaku Ketua Komisi Guru Besar UM. Dalam diskusi membahas berbagai permasalahan beserta kompromi atas penyelesaian masalah tersebut. Ke depannya diharapkan PTNBH mampu membuat kebijakan serta mampu memajukan pendidikan serta penelitian di Indonesia. 

Visitor dari UB ke UM diantar bus serta diawali dengan berkunjung ke Graha Rektorat UM. Dalam penjelasan setiap gedung dan detail UM didampingi oleh empat duta kampus. Setelah itu, dilanjutkan dengan mengunjungi Gedung Kuliah Bersama (GKB) A19 untuk meninjau laboratorium bersama yang berada di lantai 2. Kegiatan ini diakhiri dengan melaksanakan shalat maghrib berjamaah di Masjid Al-Hikmah UM. 

“Nanti agenda akhir dari visitor di UM ini adalah shalat berjamaah di Masjid Al-Hikmah UM serta kembali lagi ke UB untuk melaksanakan makan malam dan menyaksikan penampilan kesenian dari UM dan UB di Gedung Rektorat UB” tutup Prof. Dr. Ir. Syaad Patmanthara, M.Pd.

Pewarta : Zanadia Manik Fatimah -internship humas UM

Editor: Nahdiatul Affandiah