image_pdf

Malang. Pusat Pengembangan Bimbingan Konseling Karier dan Kompetensi Akademik (P2BK3A), Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran  (LP3) Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan kegiatan bertajuk “Pelatihan Sukses Menulis Skripsi dan Artikel Ilmiah”. Pelatihan ini dilaksanakan secara asinkron pada (26-29/03) dan sinkron pada (30-31/03). Pada pelaksanaan secara asinkron digunakan platform Sistem Pengelolaan Pembelajaran (Sipejar) UM sebagai sarana untuk memudahkan dalam proses pelatihan. Terdapat fasilitas untuk diskusi antar peserta maupun peserta dengan tutor dan materi pelatihan dapat diunduh melalui Sipejar. Untuk pelatihan secara sinkronus kegiatan dilaksanakan melalui zoom meeting dengan menghadirkan pemateri dan tanya jawab secara langsung. 

Ketua LP3 UM, Drs. I Wayan Dasna, M.Si, M.Ed., Ph.D., dalam sambutan sekaligus pembukaan kegiatan menyampaikan bahwa penting untuk mempunyai pengalaman dalam berproses mengerjakan tugas akhir. “Penulisan skripsi adalah proses pengalaman dalam membuat karya ilmiah. Pada intinya yang menentukan sukses dalam penulisan karya ilmiah adalah kreativitas, motivasi dari mahasiswa, dan teknik komunikasi dengan dosen pembimbing. Selain itu sangat penting untuk mengerjakan skripsi dengan usaha sendiri. Boleh diskusi tetapi jangan sampai memplagiasi karya orang lain,” terangnya.

Maka dari itu, pelatihan ini menghadirkan pemateri yang sudah berpengalaman sesuai materi yang akan disampaikan.  Pemateri tersebut diantaranya Prof. Dr. Suyono, M.Pd, Ani Wilujeng Suryani, S.E, M.ActgFin, Ph.D, Dr. Muslihati, S.Ag, M.Pd, Aji Bagus Priambodo, S.Psi, M.Psi., Dr. Didin Widyartono S.S., S.Pd., M.Pd, dan Ediyanto, S.Pd, M.Pd, Ph.D. Adapun materi yang disampaikan adalah kebijakan UM dalam penulisan skripsi dan tugas akhir, skripsi dan problematikanya, guideline menulis skripsi dan artikel ilmiah, berinteraksi efektif dengan dosen pembimbing skripsi, strategi manajemen diri dalam menulis skripsi, dan mekanisme publikasi artikel ilmiah. Pelatihan ini diikuti oleh mahasiswa dari delapan fakultas di UM.

“Melalui pelatihan ini diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman yang lebih luas dan perspektif yang berbeda. Mahasiswa juga diharapkan memiliki gambaran secara keseluruhan mengenai studi di universitas dan mendapat pengalaman dalam penulisan skripsi,” pungkas Drs. I Wayan Dasna, M.Si, M.Ed., Ph.D.

Pewarta: Novita Eka Andriyana – Internship Humas UM

Editor: Nike V. Yuarko