image_pdf
Pengukuhan Guru Besar UM, Prof. Dr. Drs. Dwiyono Hari Utomo, M.Pd, M.Si (Fakultas Ilmu Sosial), Prof. Dr. Fatchur Rohman, M.Si (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam), Prof. Dr. Sukarni, S.T., M.T (Fakultas Teknik), Prof. Dr. Dra. Rina Rifqie Mariana, M.P. (Fakultas teknik), Prof. Dr. Dra. Endah Tri Priyatni, M.Pd (Fakultas sastra)

Poor. Universitas Negeri Malang (UM) terus menunjukkan eksistensinya dalam upaya mewujudkan visi menjadi perguruan tinggi unggul dan menjadi rujukan baik di kancah nasional maupun internasional. Hal ini dibuktikan dengan terus bertambahnya jumlah guru besar yang berhasil dikukuhkan di UM. Hari ini, Kamis (16/12) UM kembali mengukuhkan 5 guru besar sekaligus. Acara pengukuhan digelar secara hybrid, yakni luring di Graha Cakrawala dengan menerapkan protokol kesehatan covid-19 yang ketat dan luring di kanal Youtube UM Channel.

Acara sidang terbuka dengan acara pengukuhan guru besar ini dibuka langsung oleh ketua Senat UM, Prof. Dr. Sukowiyono, S.H. M.Hum, yang mengatakan bahwa pengukuhan guru besar sebagai salah satu bentuk nyata inovasi yang dihasilkan UM. “Mari bersama-sama berkomitmen tinggi untuk merawat dan menjaga UM, membuat UM semakin diakui di mata global, dengan demikian semakin banyak guru besar semakin terbukti kredibilitas UM. UM yang telah menjadi PTN-BH ini adalah milik kita bersama,” ucapnya.

Kelima guru besar yang dikukuhkan hari ini berasal dari Fakultas Teknik, Fakultas FMIPA, Fakultas Sastra, dan Fakultas Ilmu Sosial. Beliau adalah Prof. Dr. Dra. Endah Tri Priyatni, M.Pd., Guru Besar Pendidikan Bahasa Indonesia yang menyampaiakan orasi ilmiah dengan judul Menguatkan Literasi Membaca Guru dan Siswa melalui Pertanyaan Provokatif 3T (Tersurat-Tersirat-Tersorot). Prof.Dr. Dra. Rina Rifqie Mariana, M.P. Yang menyampaikan orasi ilmiah dengan judul Implementasi Kebijakan Keamanan Pangan di Sektor Informal. Prof. Dr. Sukarni, S.T., M.T. Guru Besar Bidang Ilmu Bahan Bakar dan Teknologi Pembakaran yang menyampaikan orasi ilmiah dengan judul Peran dan Tantangan Pengembangan Bahan Bakar Alternatif dari Mikroalga. Prof. Dr. Drs. Fatchur Rohman, M.Si., Guru Besar Bidang Ilmu Ekologi yang menyampaikan orasi ilmiah dengan judul Peran dan Kontribusi Ekologi dalam Menunjang Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Prof. Dr. Dwiyono Hari Utomo, M.Pd., M.Si., yang menyampaikan orasi ilmiah dengan judul Ameliorasi Iklim Mikro Berbasis Masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama dan sebagai penghujung acara, Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi`uddin, M.Pd., juga menyampaikan pesan bagi para guru besar yang telah dikukuhkan untuk mengimplementasikan ilmunya untuk kepentingan masyarakat. “Untuk para guru besar yang dikukuhkan hari ini, saya sangat berharap untuk menggunakan ilmunya untuk kepentingan masyarakat baik di dunia pendidikan, industri maupun ekonomi dan bidang lainnya. Tahun ini jumlah guru besar di UM ada 92 orang, itu jumlah yang sangat kecil jika dibandingkan dengan jumlah seluruh dosen yang ada di UM, untuk itu saya berharap semua dosen berlomba untuk menemukan inovasi dan terus memotivasi diri sendiri untuk berkarya,” pungkas Rektor. 

Pewarta : Luthfi Maulida Rochmah – Internship Humas UM.