image_pdf

Poor. Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Center Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan kegiatan pembinaan dan konsultasi proposal PKM secara offline di Gedung B25 ruang 401. Kegiatan mentoring awal yang sebelumnya dilaksanakan pada tanggal 7 Januari 2022 berlangsung secara daring dan dihadiri oleh kurang lebih 90 mahasiswa. Kegiatan pembinaan offline dimulai pada tanggal 17 Januari sampai dengan 22 Januari 2022 dengan pembagian jadwal per jurusan. Pada kegiatan ini terdapat pembagian sesi yaitu pagi pada pukul 09.00 – 12.00 WIB dan siang pada pukul 13.00 – 15.00 WIB.

Nur Indah Agustina selaku koordinator PKM Center FMIPA UM menjelaskan bahwa kegiatan pembinaan dihadiri oleh kurang lebih 5 tim dengan jumlah mentor kurang lebih 3 orang setiap harinya. Tim pengaju nantinya dapat berkonsultasi dan meminta saran mengenai ide atau proposal yang telah disusun, dan selanjutnya mentor akan memberikan saran dan membedah ide atau proposal dari tim. Selain itu mentor PKM Center FMIPA UM akan memberikan koreksi apabila terdapat kesalahan format dalam penyusunan sehingga kesalahan-kesalahan yang ada nantinya dapat diperbaiki oleh tim pengaju dan proposal yang diajukan dapat menjadi proposal PKM yang berkualitas.

Prestasi UM dalam PIMNAS 34 telah mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. UM yang sebelumnya memperoleh peringkat 9 pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 33, kini pada PIMNAS 34 memperoleh peringkat 5. Prestasi ini tentunya akan dipertahankan dan ditingkatkan dengan melakukan persiapan sebaik mungkin. Salah satunya adalah dengan mengadakan mentoring secara offline agar proses mentoring dapat memberikan hasil yang maksimal.

“Dengan adanya pembinaan dan konsultasi secara offline diharapkan dapat memfasilitasi seluruh tim pengusul proposal PKM FMIPA yang mengalami kendala sehingga nantinya bisa membuat ide dan proposal sebaik mungkin,” harap Nur Indah Agustina. 

Pewarta: Novita Eka Andriyana