image_pdf

Universitas Negeri Malang (UM) mengirimkan beberapa mahasiswa terpilih untuk menjalankan Program Student Mobility di National Tsing Hua University (NTHU) Taiwan-ROC pada Senin (19/02) sampai Selasa (12/03). Program ini merupakan bentuk tindak lanjut kerjasama Memorandum of Understanding (MoU) antara Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UM dan College of Life Science, NTHU. Lebih lanjut, program ini bertujuan untuk memenuhi target kinerja FMIPA UM dan meningkatkan visi global UM yaitu menjadi salah satu universitas rujukan yang dikenal di Asia.

Proses seleksi mahasiswa dilakukan secara internal di tingkat departemen, dengan fokus pada grup riset KBK Cancer and Metabolic Syndrome di bawah supervisi Hendra Susanto, S.Pd., M.Kes., Ph.D. Hasilnya sejumlah mahasiswa terpilih untuk terlibat aktif dalam program ini, termasuk di antaranya Rifqi Hilman (S1 BIO UM), Inriana Candra Melani (S1 BIO UM), Moch Sholeh (S2 Biomedik FKUB-CoSupervisor dengan BIO UM), dan Sa’diyatul Rizqie Amaliyah Firdaus (S2 Biomedik FKUB-CoSupervisor dengan BIO FMIPA UM).

Peserta program ini menjalani serangkaian kegiatan yaitu eksperimen di empat laboratorium, kegiatan seminar departemen dan laboratorium, sit-in class, serta penyusunan laporan proyek selama masa internship.

Pengalaman belajar lintas budaya ini diharapkan mampu memberikan manfaat yang signifikan bagi mahasiswa, termasuk peningkatan wawasan global, keterampilan akademik, dan keterampilan didalam laboratorium. Selain itu, melalui kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan peluang kerjasama studi lanjut pada jenjang magister dan doktoral.

Evaluasi dan monitoring to efektivitas program ini dilakukan melalui weekly progress report yang disampaikan kepada supervisor di NTHU dan UM selama kegiatan internship. Hal ini bertujuan untuk memantau dan mengevaluasi kemajuan setiap mahasiswa secara berkala. Kedepannya, terdapat rencana untuk memperluas program student mobility ini. Pada tahun 2025, diagendakan penambahan jumlah mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan serupa di NTHU.

Hendro Susanto sebagai dosen pembimbing program ini menyampaikan pesannya kepada seluruh mahasiswa Departemen Biologi FMIPA UM untuk lebih memacu kompetensi diri hingga mencapai level global. Mereka diajak untuk mengasah dan meningkatkan kapabilitas melalui kegiatan internship atau magang di lab kampus-kampus mitra UM yang masuk dalam QS 100-200 dunia.

“Harapannya, kegiatan-kegiatan seperti itu mampu memberikan dampak positif bagi UM agar dapat masuk ke jajaran kampus level  internasional” pungkasnya ketika diwawancarai via daring pada Selasa (12/03).

Pewarta: Syabiilah Azzahroh Widyatmoko – Internship Humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM