image_pdf
Pemateri Wirda Mansur

Poor- “Manusia diberikan keistimewaan kebebasan dalam memilih dan menentukan pilihan dalam hidup. Setiap pilihan itu memiliki tanggung jawab masing-masing”, sekilas penjelasan dari Wirda Mansur yang merupakan narasumber pada kegiatan character building Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alama Universitas Negeri Malang (FMIPA  UM). Kegiatan yang dilaksanakan secara daring menggunakan platform zoom meeting ini, merupakan kegiatan rutin dilaksanakan setahun sekali pada semester gasal yang dikhususkan untuk mahasiswa baru FMIPA UM.

Kegiatan kali ini mengusung tema “Create Your Version for Better Future” dengan BEM FMIPA UM sebagai tim penyelenggara. Sesuai dengan maknanya character buliding bertujuan untuk membentuk karakter mahasiswa baru FMIPA UM 2020. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Minggu, (1/11) juga disiarkan secara langsung pada kanal youtube BEM FMIPA UM.

Peserta Character Building FMIPA UM

Pada kesempatan tersebut, Wirda yang merupakan salah satu narasumber character building menekankan bahwa menurutnya aturan yang ada bukan untuk mengekang, akan tetapi menjaga. Sehingga dengan adanya aturan akan mendidik muda-mudi yang adil dan bertanggungjawab dalam menerima konsekuensi.

Dalam hal ini Dia menganalogikan peraturan lalu lintas. “Mengapa sih lalu lintas dibuat? Ya untuk mengatur jalan, kapan kita berhenti, kapan kita ambil ancang-ancang, kapan kita berjalan. Ya itu semua diatur”, jelasnya. Dia juga menegaskan kembali bahwa sebagai generasi muda sangat dianjurkan untuk menerima konsekuensi dari setiap keputusan yang telah diambil.  

Pengusaha muda berparas cantik itu juga menghimbau kepada generasi muda, khususnya mahasiswa baru FMIPA UM tahun 2020 agar tidak mudah menyerah dan selalu percaya diri akan potensi dalam dirinya. Terlebih, dua sikap itu yang dapat membuat generasi muda berhasil dalam mencapai tujuan atau mimpinya.

Poin yang tidak kalah penting juga, ialah jangan pernah mendengarkan pendapat negatif dari orang lain yang berusaha memadamkan semangat dan kepercayaan diri. Sebelum mengakhiri penjelasan materinya, Ia juga mengungkapkan bahwa kebanyakan orang gagal dikarenakan kerapkali melihat dari sebuah kegagalan saja. Pesan Wirda “Impian akan bertemu dengan pemimpinya”.

Reporter: Salsabila Indana Zulfa-Internship Humas UM