image_pdf

Kondisi yang serba terbatas di masa pandemi Covid-19 memberikan dampak yang luar biasa bagi segala lini kehidupan, tidak terkecuali di dunia Pendidikan. Dunia Pendidikan yang bertumpu pada kegiatan ber-komunikasi pada umumnya berjalan diatas dua metode, daring dan luring, kini mau tidak mau harus dihadapkan hanya pada satu pilihan. Ya, pilihan daring lah yang lebih memungkinkan untuk dilaksanakan pada masa pandemi ini. Pilihan ini memang memiliki beragam kelebihan, tapi tidak sedikit pula khalayak yang merasakan kelemahannya dan masih asing dengan metode daring. Namun rupanya hal ini tidak menjadi halangan bagi Jurusan Manajemen (MNJ), Fakultas Ekonomi (FE), Universitas Negeri Malang (UM).

Dr. Wening Patmi Rahayu, S.Pd, M.M (Koorprodi Pendidikan Tata Niaga / Bisnis) dan Dr. Hj. Madziatul Churiyah, S.Pd, M.M (Koorprodi Pendidikan Administrasi Perkantoran), dua sosok penggerak di lingkungan Program Studi Kependidikan MNJ, FE, UM yang telah berkolaborasi dalam memberikan pengetahuan, pengalaman dan keterampilan kepada teman-teman Mahasiswa yang akan melaksanakan kegiatan Kajian dan Praktik Lapangan Kependidikan (KPL-Dik), secara live via Youtube. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, 20 Juli 2020, pukul 10.30-11.30 dan disiarkan khusus melalui Channel Youtube resmi jurusanmanajemenfeum, yang telah secara sukses mendapatkan atensi Mahasiswa dan khalayak umum.

Studio yang bertempat di Gedung E4 lantai 2 Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, siang hari itu menjadi ajang tumpahan ilmu dan pengalaman bagi dua pembicara tersebut. Dimana dengan sangat detil dan jelas ibu Dr. Wening Patmi Rahayu, S.Pd, M.M memaparkan ragam softskill yang harus dimiliki dan diterapkan oleh Mahasiswa KPL-Dik di lapangan, sedangkan ibu Dr. Hj. Madziatul Churiyah, S.Pd, M.M secara rinci dan tertata menjelaskan cara-cara penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Daring beserta tips yang dapat dilakukan. Yang menarik adalah kegiatan yang awalnya ditujukan kepada Mahasiswa, akhirnya menjadi perhatian dan diikuti oleh khalayak umum (terutama Guru) yang membutuhkan ilmu tersebut karena dinilai memiliki manfaat yang besar untuk menunjang profesinya sebagai seorang pendidik di masa Pandemi seperti saat ini.

Menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi Jurusan Manajemen,  FE UM yang selalu bisa menempatkan diri di tengah-tengah eksistensi dunia Pendidikan dengan segala keterbatasan yang ada. Menjadi bagian dari pengembangan kapasitas manusia melalui pembekalan keilmuan dan karakteristik, didukung dengan keikhlasan dan tekad untuk berbagi. Membuktikan bahwa Pandemi mungkin bisa membatasi langkah fisik insan, tapi tak akan pernah bisa membatasi langkah ilmu pengetahuan.

Pewarta: Lulu Nurul Istanti, S.E., M.M., Ak (Dosen di Jurusan Manajemen FE UM, dan menjabat sebagai Ketua Laboratorium Jurusan Manajemen)