image_pdf

Fakultas Sastra (FS) Universitas Negeri Malang (UM) menggelar kegiatan Pembukaan Program Indonesia Flagship Language Initiative (IFLI) 2022. Kegiatan ini bertempat di Aula Gedung B3 UM pada Senin (29/08/2022). Kegiatan ini dimulai pukul 08.00 – 09.00 WIB dengan dihadiri oleh Wakil Rektor I, Dekan FS, Direktur Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA), Mahasiswa IFLI, Pengajar dan Staf BIPA, serta Mahasiswa Mitra Bahasa.

IFLI merupakan satu-satunya program yang ada di Indonesia dan telah ada sejak tahun 2018. Program tersebut merupakan buah kerjasama antara American Councils, UM dan University of Wisconsin – Madison, Amerika Serikat. Program IFLI adalah program yang diadakan untuk 1 tahun berjalan atau 2 semester. Pada semester 1 mahasiswa IFLI akan belajar di Amerika, kemudian pada semester berikutnya mahasiswa belajar di UM.

Terdapat 14 orang mahasiswa asal Amerika yang mengikuti program ini. Sebelum belajar di Indonesia, mereka telah belajar bahasa Indonesia di Amerika selama satu semester. Selama di UM mereka akan mempelajari Bahasa Indonesia kembali, namun secara intensif selama 5 hari dalam sepekan pada hari Senin hingga Jumat. Mahasiswa IFLI akan belajar di Indonesia selama 4 bulan. Proses belajar ini akan didampingi oleh guru, dan mitra bahasa untuk mendukung pemerolehan bahasa yang maksimal. Selain itu, kehidupan mahasiswa IFLI juga akan didampingi oleh keluarga asuh di Malang.

“Tidak hanya belajar di kelas, mereka akan belajar di luar kelas melalui kegiatan mitra bahasa, seni budaya, dan kunjungan objek wisata pilihan. Tentu sebagai penanggung jawab program, saya berharap mahasiswa dapat belajar sebanyak-banyaknya sesuai dengan tujuan kita bersama,” ujar Dr. Gatut Susanto M.M., M.Pd selaku Direktur BIPA.

 Selain bahasa, mereka juga akan mempelajari kebudayaan Indonesia. Dalam program ini akan disediakan kelas gamelan, batik, tari, dan kelas dangdut yang dapat mereka ambil. Mahasiswa IFLI dapat memilih 2 kelas kebudayaan yang dapat diambil dalam setiap setengah semester.

Pewarta: Mega Tri Utami – Internship Humas UM