image_pdf

Ormawa of The Year (OTY) merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Negeri Malang (UM) dengan tujuan memberikan penghargaan kepada Organisasi Mahasiswa (Ormawa) UM yang memenuhi kriteria penilaian dan membantu dalam melengkapi Indikator Kinerja Utama (IKU). Agenda tersebut merupakan rangkaian penilaian terhadap Ormawa yang ada di UM, mulai dari tingkat departemen hingga tingkat universitas. Proses penilaian sendiri berlangsung selama kurang lebih satu bulan, diawali dengan pengumpulan berkas dari setiap ormawa mulai tanggal 3-15 Oktober, dilanjutkan dengan proses penjurian serta kunjung lapangan mulai tanggal 16-10 Oktober. 

Sebagai puncaknya, kegiatan Awarding/Penganugerahan Ormawa of The Year diadakan pada Jumat (23/10) di Aula Lantai 9 GKB A20 UM. Turut hadir dalam acara ini, Wakil Dekan I dari seluruh Fakultas, koordinator akademik fakultas, dan juga Direktur Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Heny Kusdiyanti, S.Pd, M.M.

Dalam kesempatan tersebut, Ibu Direktur menyampaikan apresiasi terhadap para ormawa sekaligus memberi pesan penting terkait pentingnya mahasiswa untuk meraih prestasi. 

“Tampaknya, dengan adanya program Ormawa of The Year 2023, kita bisa mengukur keberhasilan suatu Ormawa tidak hanya dari prokernya saja, tapi bisa melihat bentuk, wujud fisik dari Ormawa ini yang menunjukkan kemajuan dari tahun ke tahun. Saya melihat bahwa penganugerahan Ormawa of The Year 2023 ini sebenarnya hanya ingin menciptakan suatu iklim organisasi yang baik dan positif dalam banyak hal. Tahun mendatang, usahakan semua program kerja yang dilaksanakan dapat memberi unsur prestasi, sehingga prestasi tersebut dapat dilaporkan dan diapresiasi. Karena wajah dari sebuah universitas ini dilihat dari prestasi mahasiswanya,” pesan Dr. Heny Kusdiyanti.

Dari kegiatan penganugerahan tersebut didapatkan nama-nama pemenang dalam berbagai kategori. Untuk Kategori Kebersihan dan Keindahan Ruang Ormawa, Juara 1 diperoleh dari HDM Teknik Industri, Juara 2 dari UKM IPRI, dan Juara 3 dari KKM Kampus 3 FIP. Selanjutnya, Kategori Tertib Administrasi dan Keuangan, diperoleh Juara 1 dari HMD Ilmu Kesehatan Masyarakat, Juara 2 dari UKM KSR PMI UM, dan Juara 3 dari HMD Akuntasi. Ketiga, untuk Kategori Ketertiban, Kedisplinan, dan Keamanan, didapatkan Juara 1 oleh UKM ASC, Juara 2 oleh KKM 3 FIP Kampus Blitar, dan Juara 3 oleh UKM Bhumi.

Kemudian, Kategori Menjalin Kerjasama dan Pengabdian Masyarakat, Juara 1 diperoleh dari HMD Ilmu Kesehatan Masyarakat, Juara 2 oleh HMD Ekonomi Pembangunan, dan Juara 3 oleh HMD Fisika. Dilanjutkan dengan Kategori Prestasi dan Kreativitas, Juara 1 diraih oleh UKM Penulis UM, Juara 2 dari BEM FIK UM, dan Juara 3 dari KKM 3 Blitar. Terakhir, yakni Kategori Pengelolaan Website dan Sosial Media, Juara 1 didapat oleh UKM IPRI UM, Juara 2 oleh UKM Taekwondo UM, dan Juara 3 oleh UKM ASC UM.

Pewarta: Malichatus Sa’diyah – Internship Humas UM

Editor: Luthfi Maulida Rochmah