image_pdf
Pengarahan Awardee IISMA

Poor. Dalam rangka menindaklanjuti pengumuman dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi terkait kelulusan mahasiswa yang mengikuti program Indonesia International Student Mobility Awards (IISMA) pada tanggal 14 Juni 2021, Unit Hubungan Internasional (HI) Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan pertemuan dengan para awardee UM pada Selasa (15/06). Pertemuan ini digelar secara daring melalui video teleconference dan diikuti oleh seluruh awardee beserta struktural HI UM.

Direktur HI UM, Evi Eliyanah, S.S., M.A., mengucapkan selamat kepada seluruh awardee yang berkesempatan mengikuti program pertukaran pelajar internasional secara offline ini. Ia memuji strategi para awardee dalam memilih universitas dan kemampuan mereka dalam bersaing dengan pelamar lainnya. Sehingga, dari 34 mahasiswa yang diajukan oleh UM, 11 mahasiswa inilah yang layak dan beruntung mendapatkan beasiswa tersebut.

“Selamat untuk seluruh awardee. Ini bukanlah akhir dari perjuangan kalian saat seleksi kemarin, ini adalah permulaan perjuangan yang sesungguhnya. Untuk mengikuti perkuliahan di luar negeri membutuhkan diri yang siap ditempa menjadi pribadi yang mandiri, dewasa, dan bertanggung jawab. Semoga sukses, dan bisa mendapatkan lebih banyak ilmu dan pengalaman di sana,” ujarnya.

Adapun mahasiswa UM yang dinyatakan lolos dalam program pertukaran pelajar ke luar negeri tersebut yaitu: (1) Gebrilia Indra Parasanti diterima di Katholieke Universiteit Leuven, Belgia, (2) Intanta Erlianungka Siregar diterima di Middle East Technical University, Turkey, (3) Nadia Karima Maula diterima di Nanyang Technological University, Singapura, (4) Haidar Algi Gf diterima di Palacky University Olomouc, Czechia, (5) Dedhi Lugita Hadi Wijaya diterima di Universitat Pompeu Fabra, Spanyol, (6) Muhammad Sulaiman Sugiharto diterima di Universiti Brunei Darussalam, Brunei Darussalam, (7) Melinda Meganagatha Rosbella Devy diterima di University of Glasgow, Scotlandia, (8) Praisela Virginia Fransisca Elisabeth Symons diterima di University of Granada, Spanyol, (9) Ahmad Ali Mahfudz diterima di University of Granada, Spanyol, (10) Sarray Muhammad Ghailan diterima di University of Limerick, Irlandia, dan (11) Aulia Rachma Ghiffari Putri diterima di University of Padua, Italia.

Pertemuan tersebut dilaksanakan untuk memberikan pengarahan oleh HI terkait prosedural dan administrasi mahasiswa saat berangkat ke luar negeri nantinya, seperti pengurusan paspor, visa, pengarahan adaptasi diri, manajemen waktu, dan lain sebagainya. Pertemuan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam mempersiapkan keberangkatan yang diperkirakan akan lepas landas bulan Agustus atau September mendatang.

“Selain urusan administrasi diatas, kalian akan mengikuti pertemuan dengan pihak universitas tujuan nantinya. Keputusan terkait mata kuliah apa saja yang akan diambil dan lainnya akan dibahas di pertemuan yang lain,” pesan Nabhan Choirun, salah satu struktural HI UM.

Salah satu awardee yang akan berangkat ke Spanyol nantinya, Dedhi Lugita Wijaya, memberikan kesannya saat dinyatakan lolos menjadi awardee IISMA. “Tahun 2021 ini, alhamdulillah saya terpilih sebagai salah satu mahasiswa Universitas Negeri Malang penerima beasiswa program IISMA dari Kemendikbudristek. Puji dan syukur kepada Allah saya haturkan atas kesempatan luar biasa yang diberikan. Saya juga sampaikan rasa syukur saya dan berterima kasih atas doa dari keluarga yang sangat antusias serta mendukung saya dalam perjalanan berliku program ini. Adapun apresiasi yang luar biasa kepada bapak ibu dosen pembimbing dan teman-teman seperjuangan, Sastra Inggris, Fakultas Sastra, serta OIA UM atas bimbingan serta arahan yang diberikan kepada saya selama ini sehingga salah satu mimpi saya yaitu sekolah di luar negeri tercapai,” ujarnya.

Pewarta: Ulya Aziza Fitriya – Internship Humas UM