image_pdf
Assoc. Prof. Dr. Miller Alonso Camargo Valero dari University of Leeds.

Departemen Teknik Sipil UM menggelar International Class pada Kamis (09/03). Acara tersebut mengambil tema Guest Lecture Developing of Sustainable Water and Sanitation Technology in Developing Country Development in Developing Country. Acara tersebut menghadirkan dua pemateri dari luar negeri dan dihadiri oleh para dosen, tenaga didik, serta segenap mahasiswa Departemen Teknik Sipil UM. Acara berlangsung di Seminar Room UM Gedung A20 lantai 2 yang dimulai pada pukul 13.30 WIB. 

Acara diawali dengan pemberian sambutan hangat dari Dr. Eng. Siti Sendari, S. T., M. T. Kemudian dilanjutkan penyampaian materi yang dimoderatori oleh Ir. M. Mirza Abdillah Pratama, S. T., M. T. Materi pertama disampaikan Assoc. Prof. Dr. Miller Alonso Camargo Valero dari University of Leeds. Beliau menyampaikan pembahasan mengenai Universal Access  to Sustainable Sanitation Services. 

“Perencanaan layanan sanitasi perkotaan yang berkelanjutan terhambat oleh kurangnya metrik standar biaya dan dampak iklim. Pengambil keputusan cenderung menghindari inovasi dan unbundling solusi karena tidak mungkin untuk segera memodelkan berbagai solusi alternatif,”  jelas Assoc. Prof. Dr. Miller Alonso Camargo Valero terkait salah satu problematika dalam materi yang disampaikan. Beliau juga memberikan hipotesis terkait hal tersebut, “Dampak biaya, iklim, dan kesejahteraan dari layanan sanitasi adalah fungsi dari kepadatan dan topografi populasi dan dapat digeneralisasikan berdasarkan wilayah untuk memungkinkan pembuatan perkiraan urutan pertama dari manfaat biaya untuk setiap konteks perkotaan.” pungkas Prof. Miller.

Dilanjut dengan pemateri kedua, yaitu Johan Pasos Pangueva dari universitas yang sama dengan pemateri sebelumnya. Johan Pasos Pangueva membahas topik seputar Opportunities for Developing Sustainable Aquaculture Production Systems Through Nutrient Recycling Using Duckweed. Setelah penyampaian materi, diskusi antara mahasiswa sebagai audiens dengan kedua pemateri terkait berjalan lancar. Acara ditutup dengan sesi foto bersama.

Pewarta : Hania Nuha Tsabita