image_pdf
EuroSEAS Masterclass 2023

European Association for Southeast Asian Studies (EuroSEAS) bersama Pusat Ekonomi Humaniora dan Pariwisata LPPM Universitas Negeri Malang (UM), Perpustakaan UM, dan Departemen Sejarah Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UM selenggarakan EuroSEAS Week pada 22-24 Mei 2023 di Ruang Multimedia Perpustakaan UM. 

Kegiatan dihadiri oleh Ketua LPPP UM, Direktur Kantor Urusan Internasional UM, Kepala Pusat Ekonomi Humaniora dan Pariwisata LPPM UM, Kepala UPT Perpustakaan UM, Ketua Departemen Sejarah FIS UM, para akademisi senior Eropa, dan mahasiswa doktoral internasional. 

Kepala Pusat Ekonomi Humaniora dan Pariwisata LPPM UM Dr. Grace Tjandra Leksana, S.Psi., M.A. mengatakan EuroSEAS merupakan konsorsium akademisi sejumlah perguruan tinggi di Eropa. 

“EuroSEAS merupakan studi asosiasi yang berbasis di Eropa yang fokus meneliti studi Asia Tenggara. Sejak 1997 rutin menyelenggarakan konferensi 2 tahunan sekaligus dengan penyelenggaraan masterclass,” jelasnya. 

Tidak seperti masterclass sebelumnya yang selalu diselenggarakan bersamaan dengan konferensi, masterclass 2023 digelar sebagai kegiatan independen dan untuk pertama kalinya diselenggarakan di Asia Tenggara, tepatnya di  UM.

“UM didapuk menjadi tuan rumah masterclass pertama di Asia Tenggara karena telah masuk dalam jaringan EuroSEAS. Selain itu, kami memang punya beberapa fakultas yang relevan, seperti ilmu sosial, sastra, dan bidang ilmu humaniora lainnya,” sambungnya.

Lebih lanjut, masterclass EuroSEAS 2023 bertujuan untuk membantu mahasiswa S2 dan S3 dalam menyelesaikan studinya. “Penyelenggaraan masterclass memiliki tujuan untuk menstimulasi diskusi akademik dan menajamkan penelitian mereka,” ungkap doktor lulusan Leiden University tersebut. 

Pelaksanaan masterclass akan didampingi oleh enam akademisi senior yang memiliki pengalaman ekstensif dalam studi Asia Tenggara, yaitu: Silvia Vignato (Università di Milano-Bicocca), Antonia Soriente (University of Naples L’Orientale), Andrew Hardy (Ecole française d’Extrême-Orient), Elliott Prasse-Freeman (National University of Singapore), Eloisa May Hernandez (University of the Phillipines-Dilliman), dan Grace Tjandra Leksana, (Universitas Negeri Malang). 

Selain masterclass, untuk mahasiswa doktoral internasional, EuroSEAS Week juga menyelenggarakan Workshop Menulis Proposal Riset Doktoral, Workshop Penulisan Publikasi Populer bersama The Conversation Indonesia, dan film screening.

Melalui kegiatan ini, EuroSEAS dan UM memiliki harapan yang sama agar jaringan akademik di bidang studi Asia Tenggara semakin diperkuat. Terkhusus bagi UM, kerja sama ini sangat berdampak pada peningkatan kolaborasi internasional dan kultur akademik yang sehat. Harapannya kolaborasi dengan EuroSEAS tidak berhenti sampai di sini, tetapi berlanjut pada kegiatan-kegiatan akademik lain dalam pengajaran, penelitian, dan pengabdian. 

Gallery EuroSEAS Masterclass 2023

Pewarta: Paundra Wangsa Fajar Kusuma – Internship Humas UM