image_pdf

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Negeri Malang (UM) Kembali dilaksanakan secara luring setelah 2 tahun dilaksanakan secara daring dikarenakan badai pandemi. Acara pembukaan PKKMB kali ini juga semakin istimewa karena dilaksanakan secara bersamaan dengan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-77 dan launching dies natalis ke-68 yang mengusung tema Inovasi Semesta Prestasi. Acara yang diikuti oleh 10.000 mahasiswa baru UM ini digelar sangat meriah di Stadion Cakrawala pada Rabu (17/08/2022).

Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi`uddin, M.Pd., dalam pidatonya menyampaikan tema HUT Kemerdekaan RI sangat relevan dengan upaya yang dilakukan oleh UM untuk mencapai visinya, menjadi Guru (unggul dan rujukan) di Asia dan Dunia. “Sesuai dengan tema HUT tahun ini “Pulih lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” kami mendorong semua mahasiswa UM untuk menumbuhkan semangatnya dalam belajar agar meraih prestasi dan sukses sehingga memberikan banyak kontribusi untuk negeri,” ujar Rektor.

“Sebagai kampus yang telah berstatus Perguruan Tinggi Berbadan Hukum (PTNBH), UM memiliki amanah untuk internasionalisasi atau menjadikan UM sebagai universitas tingkat internasional. UM ditargetkan oleh Dirjen Ristekdikti di tahun 2024 nanti harus berada di posisi -1000 WUR atau World University Ranking. Potensi yang dimiliki oleh UM saat ini sudah sangat memadai. Dengan seluruh dukungan dan semangat kolaboratif, kooperatif dari seluruh sivitas akademika UM dengan cara bekerja dan belajar yang tidak biasa namun tetap in line dengan regulasi yang berlaku, semuanya akan mudah untuk digapai,” lanjut Prof. Dr. AH. Rofi`uddin, M.Pd.

Acara PKKMB akan berlangsung hingga Senin (22/08/2022) mendatang bagi mahasiswa tingkat sarjana dan diploma, sedangkan untuk mahasiswa pascasarjana akan berlangsung hingga hari Minggu (21/08/2022). Ditemui untuk wawancara, Ketua PKKMB 2022, Rendi Siswandi menyampaikan alasan tema yang diusung di acara spesial ini.

“Pada PKKMB UM 2022 ini kami mengangkat sebuah tema yaitu “Abhipraya Abyakta Jagaddhita”. Tema ini kami angkat dari bahasa sanskerta yang berarti Harapan, Berkembang, Kesejahteraan Dunia. Mengembangkan potensi dalam diri untuk dapat terus menggali hal-hal baru dalam menyiapkan masa depan merupakan hal yang harus kita lakukan, khususnya sebagai mahasiswa yang menjadi harapan bangsa dalam berkontribusi dan berkarya dalam mewujudkan kesejahteraan nasional dan dunia. Maka dari itu, Laskar Dewantara Muda adalah kunci dan harapan untuk perkembangan kesejahteraan dunia,” jelasnya.

“Besar harapan kami, ketika semua mahasiswa baru dapat memberikan pengaruh positif bagi sesama. Dengan segala tujuan dan goals yang dibuat, hal yang perlu ditekankan adalah mengkhidmatkan peran kita sebagai mahasiswa yang berperan bukan baperan,” pungkas Rendi.

Pewarta: Luthfi Maulida Rochmah – Internship Humas UM