image_pdf

Pada Kamis (11/08/2022) Universitas Negeri Malang (UM) sukses mengukuhkan 5 Guru Besar pada sidang yang dilangsungkan di Graha Cakrawala UM. Dengan keragaman latar belakang bidang pada masing-masing guru besar, Prof. Drs. H. Burhanuddin, M. Ed. Ph.D, dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) menyampaikan kilas topik utama yaitu budidaya pengorganisasian pada instansi pendidikan tingkat tinggi, dalam hal ini ialah perguruan tinggi. 

Prof. Drs. H. Burhanuddin, M. Ed. Ph.D

Perjalanan Prof. Burhanuddin sebelum mencapai prestasinya sebagai guru besar saat ini, yakni beliau sangat aktif mengukir prestasi-prestasi gemilang lainnya, diantaranya beliau sudah berhasil menyelesaikan pendidikan S2 hingga S3 di Australia dengan gelar Ph.D., serta beberapa tulisan artikel ilmiah yang berhasil diterbitkan pada jurnal internasional yang berhubungan dengan topik utamanya ini. “Profil negara-negara Asia dan kualitas universitas mereka memang belum memperlihatkan kemajuan signifikan, bila dilihat dari data Indeks Pembangunan Manusia dan sistem ranking universitas tingkat internasional.” Ulas sang Profesor pada pembukaan pidatonya. 

Sederhananya, budidaya organisasi yang dimaksud oleh Prof. Burhanuddin ini mengindikasikan kualitas budaya organisasi yang diaplikasikan oleh universitas dapat menjadi faktor yang mempengaruhi nama baik dan citra dari universitas tersebut, sehingga hal ini tentunya menjadi dampak pertimbangan pula bagi para orang tua untuk mengambil keputusan menitipkan putra-putrinya untuk dididik pada universitas tersebut. 

“Mengelola universitas sebagai organisasi bukanlah pekerjaan yang sederhana, melainkan sangat kompleks. Kemampuan lembaga pendidikan sangat ditentukan oleh kesiapannya dalam menyikapi perubahan-perubahan global, dan kemampuan berinteraksi dengan lingkungan dinamis, kebijakan, peraturan, perubahan ekonomi, instabilitas, orientasi kepentingan yang kurang memihak kepada kemajuan pendidikan, dan budaya lokal yang setiap waktu mengalami perubahan.,” terang beliau.

Pewarta: Afica Dela Vega – Internship Humas UM