image_pdf

Peserta Prospek Maba 2020

Poor. Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan Program Orientasi dan Sosialisasi Pembinaan Kemahasiswaan (Prospek) UM 2020. Prospek merupakan program lanjutan dari Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) UM 2020. Program ini diselenggarakan dalam empat pekan yakni pada 24-25 Oktober, 31 Oktober-1 November, 7-8 November, dan 14-15 November.

Prospek UM 2020 wajib diikuti oleh mahasiswa baru UM 2020 sebagai proses adaptasi terhadap atmosfir perguruan tinggi. Wakil Rektor III UM, Dr. Mu’arifin, M.Pd menjelaskan bahwa Prospek UM 2020 merupakan salah satu upaya UM dalam menggandeng mahasiswa baru untuk beradaptasi di UM, khususnya kegiatan kemahasiswaan di UM. “Prospek wajib diikuti oleh mahasiswa baru sebagai program lanjutan PKKMB. Kegiatan Prospek memfokuskan mahasiswa baru terhadap program kemahasiswaan sebagai bentuk sosialisasi dan kaderisasi sehingga mereka mampu mengaktualisasi diri,”jelasnya.

Peserta Prospek Maba 2020

Organisasi Mahasiswa (Ormawa) dan kemahasiswaan mensosialisasikan kegiatan kemahasiswaan tersebut serta mengidentifikasi mahasiswa baru yang memiliki potensi khusus untuk dilakukan pembinaan lebih dalam. Lebih lanjut, Mu’arifin menyampaikan bahwa tujuan akhir program ini berguna bagi dirinya sehingga mampu menjadi mahasiswa yang berkualitas, berdaya saing, membawa nama baik perguruan tinggi.

Selain itu, prospek juga bertujuan untuk memberitahu mahasiswa baru mengenai kegiatan-kegiatan yang diizinkan di dalam kampus, sehingga mereka bisa memilih kegiatan yang mampu memberikan manfaat terhadap diri mereka sendiri. Informasi ini juga diberikan agar mahasiswa baru dapat bersikap bijaksana serta bertindak dan berpikir sesuai dengan konteksnya. “Pihak kami juga membuat sistem identifikasi potensi yang dimiliki mahasiswa. Bagimahasiswa baru yang belum memiliki potensi, kami akan mengarahkan mereka ke bidang yang cocok dan disenangi karena UM sendiri memiliki banyak kegiatan kemahasiswaan dengan berbagai karakter”, tambah Mu’arifin.

Wakil Rektor III UM, Dr. Mu’arifin, M.Pd

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Dekan III Fakultas Sastra (FS), Dr. Yusuf Hanafi, S.Ag, M.Fil.I menjelaskan bahwa Prospek 2020 menjadikanOrmawa sebagai badan eksekutif dalam menggandeng mahasiswa baru dalam proses adaptasi dan sosialisasi kegiatan kemahasiswaan. Dr. Yusuf menjelaskan bahwa materi yang disampaikan pada program tersebut terdiri dari Sistem Manajemen Aktivitas Mahasiswa (Simawa), Gerakan Mahasiswa Satu Karya Satu Tahun (Gemakarsata).

Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Mahasiswa (Simkatmawa), dan Rekognisi Karya Prestasi Mahasiswa (RKPM). “Pada intinya, mahasiswa baru UM digandeng untuk memenuhi tiga hal yakni percepatan adaptasi, akselerasi prestasi, dan persiapan memasuki dunia profesi”, jelas Yusuf Hanafi

Reporter: Siti Nuradilla - UM Public Relations Internship

Pewarta Foto : Ulya Aziza Fitria – Internship Humas UM