image_pdf

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, Masjid Al-Hikmah Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan serangkaian kegiatan untuk menyemarakkan bulan Ramadhan 1445 Hijriah dengan tema “Menebar Hikmah dalam Ramadhan yang Penuh Berkah” yang akan dilaksanakan mulai awal bulan Ramadhan, tepatnya di hari Kamis (11/3) di Masjid Al-Hikmah UM. Kegiatan ini diadakan oleh mahasiswa dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Badan Dakwah Masjid (BDM) dan Al-Quran Study Club (ASC), Tim Pengelola Masjid Al-Hikmah, serta Unit Pelaksana Teknis (UPT) Laboratorium Agama. 

Kegiatan ini dimulai dari penyediaan iftar (sajian makanan untuk buka puasa) setiap harinya di Masjid Al-Hikmah UM yang targetnya mencapai 500 porsi. Selain itu, terdapat 14 kegiatan Ramadhan yang lain, diantaranya adalah kuliah tujuh menit (kultum) setelah tarawih, training public speaking, lomba cipta konten, karya tulis ilmiah Al-Quran, kelas ilmu Bahasa Arab, tartil, and tilawatil Qur’an, Semaan Akbar se-Malang Raya, dan lain-lain yang mana kegiatan ini terus berlanjut hingga akhir Ramadhan dan ditutup dengan shalat Idul Fitri. Kegiatan pada saat Ramadhan tersebut merupakan momen penting bagi civitas akademika untuk senantiasa produktif dalam belajar dan berkarya.Penanggungjawab kegiatan sekaligus pengelola Masjid Al-Hikmah UM, Ahmad Shohanji, S.Pd., mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai sarana  untuk menghidupkan bulan Ramadhan. Beliau berharap, dengan adanya kegiatan ini selama bulan Ramadhan, masjid dapat selalu dipenuhi dengan kegiatan yang bermanfaat.

Dalam rangka menyebarluaskan kegiatan ini, tim pelaksana menghimbau untuk melihat jadwal kegiatan di akun sosial media instagram Masjid Al-Hikmah UM yaitu @masjid.alhikmah.um. “Kegiatan akan dilaksanakan satu bulan penuh selama Ramadhan dan akan ada inovasi program yang baru di tahun selanjutnya,” ujar Ahmad Shohanji. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat menambah ilmu, pengalaman, serta pengetahuan.

Pewarta: Silla Cahya Nisa – Internship Humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM