image_pdf

Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang (UM) menggelar Orientasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Gelombang 1 tahun 2022 pada Kamis (06/10/2022) di Graha Cakrawala. Acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor I, Direktur dan Wakil Direktur Pascasarjana, Korprodi PPG, Koordinator S2 dan S3, para dosen serta mahasiswa PPG. Acara ini bertujuan untuk menginfokan hal-hal penting yang harus diketahui oleh para mahasiswa agar ketika melakukan kegiatan perkuliahan di UM bisa berjalan dengan lancar.

Dalam sambutannya, Direktur Sekolah Pascasarjana UM, Prof. Dr. Ery Tri Djatmika Rudijanto Wahju Wardhana, M.A., M.Si., mengucapkan selamat dan memberikan arahan bagi para mahasiswa PPG. “Saya ucapkan selamat kepada saudara semua yang telah lolos untuk ikut PPG gelombang 1. Kalian semua memiliki kesempatan yang luar biasa selama 1 tahun kedepan untuk belajar dan meningkatkan kemampuan. Kegiatan kita nanti juga akan dilaksanakan secara luring penuh, maka gunakan kesempatan yang ada dengan sebaik-baiknya,” tuturnya.

Acara yang secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor I ini merupakan agenda awal sebagai pembuka rangkaian kegiatan PPG selama 1 tahun kedepan. “Selamat kepada 892 mahasiswa PPG yang sudah resmi diterima di 15 bidang studi dari 16 bidang studi yang ada di Pascasarjana UM. Kalian semua termasuk orang-orang yang beruntung karena untuk daftar menjadi PNS, syaratnya harus memiliki sertifikat PPG dan UM menjadi salah satu dari 70 LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan) di Indonesia yang dipercayai oleh pemerintah untuk menyelenggarakan PPG gelombang I,” ungkap Prof. Dr. H. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si.

“Kalian semua harus berproses secara profesional dan mampu mengikuti zaman apalagi sekarang zamannya teknologi. Pesan saya yang harus kalian ingat dan terapkan adalah jangan pernah melakukan kekerasan verbal maupun fisik kepada siswa ketika melakukan proses belajar mengajar. Bagaimanapun keadaan siswa, kalian harus mampu mengendalikan emosi dan berpikir logis untuk menentukan tindakan,” pungkas WR I. 

Dalam acara ini juga dilaksanakan penyematan jas almamater kepada perwakilan mahasiswa PPG sebagai simbol telah diterima di UM dan siap melaksanakan kegiatan perkuliahan. Dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang kegiatan PPG, Kurikulum Merdeka, Learning Management System (LMS) dan pelayanan perpustakaan pusat.

Pewarta: Luthfi Maulida Rochmah – Internship Humas UM.