image_pdf

Sejak awal berdirinya Semeru Team pada 2015 selalu konsisten menyabet juara dalam berbagai perlombaan. Hal tersebut tidak berhenti sampai situ, karena Semeru Team kembali mendapat juara di tingkat Asia. Rencana Semeru Team yang sempat gagal tampil di Shell Eco-Marathon Asia pada 2017 kini meraih tiga kategori sekaligus dalam SEM 2023. Ketiga kategori tersebut adalah 2nd Place Simulate to Innovate, 6th Place Urban Concept Internal Combustion Engine, and 9th Place Prototype Battery Electric.  

Menurut Prof. Dr. Sukarni, S.T., M.T., selaku pembina Semeru Team sejak awal dibentuknya, persiapan Semeru Team untuk SEM 2023 cukup lama dan melalui banyak tahapan proses. Tahapan atau phase yang dilalui Semeru Team di antaranya phase 1 registrasi tim untuk mendaftarkan perguruan tinggi dan memilih kategori energi serta jenis mobil yang dilombakan prototype and urban concept, phase 2 tim harus melakukan input berkas dan video tentang mobil baik desain, material yang digunakan pada body and chassis, purpolusi supplay energy and transmisi, skematik rangkaian kelistrikan dan wiring diagram mobil, dan phase 3 tim harus melakukan pembuatan essay off-track terkait inovasi yang dilakukan tim untuk pengembangan mobil agar mencapai tingkat efisiensi yang tinggi serta kebutuhan shipping kendaraan dan jumlah anggota tim yang didaftarkan untuk memastikan kesiapan Semeru Team menghadapi on-track di Mandalika.

“Semeru Team membuat persiapan cukup lama untuk bisa sukses di Shell Eco-Marathon Asia, karena ada 3 tahapan proses seleksi yang harus dilalui sebelum tampil di sirkuit Mandalika. 3 tahapan proses itu membutuhkan waktu sekitar setengah tahun,” jelas Prof. Sukarni.

Pembagian tim Semeru dengan dua kategori yaitu kendaraan pertama Prototype kelas Battery Electric and Urban Concept kelas Internal Combustion Engine Gassoline. Dua kategori tersebut dibagi mejadi 2 tim yakni Semeru Team I UM untuk kelas Prototype dengan jumlah peserta 14 mahasiswa dibimbing oleh  Prof. Dr. Sukarni, S.T., M.T. Untuk Semeru Team II UM untuk kelas Urban Concept dengan jumlah peserta 14 mahasiswa dibimbing Ibu Avita Ayu Permanasari, S.T., M.T.

“Untuk masing-masing tim yang pertama saya ketuai dan tim ke dua diketuai oleh Davi Nur Fiansyah,” ucap Deni Kusuma yang menjabat Direktur Utama Semeru Team 2023 mahasiswa Teknik Mesin.

Pada sesi terakhir, Ibu Avita Ayu Permanasari, S.T., M.T., selaku pembina Semeru Team mengungkapkan rasa syukurnya setelah perjalanan panjang Semeru Team dalam mengikuti berbagai perlombaan.

“Saya sangat bersyukur karena sejak awal berdirinya Semeru Team tahun 2015 saya menjadi dosen pembimbing mulai awal lomba nasional KMHE hingga sampai 2 tahun terakhir. Sejak tahun 2022 kami berhasil berpartisipasi mengikuti lomba internasional di ajang SEM 2022 di Mandalika dan mendapatkan penghargaan Best Design kategori Urban Concept. Selanjutnya, tahun 2023 Semeru Team UM juga mengikuti lomba internasional SEM 2023 di Mandalika dan mendapatkan posisi ke-6 untuk kategori Urban Concept dan juara 2 dalam kategori Simulate to Innovate Urban Concept,” pungkas Ibu Avita.

Internship Humas UM -Nahdiatul Affandiah