image_pdf

Universitas Negeri Malang (UM) semakin memantapkan eksistensinya dalam dunia riset dan pengabdian masyarakat. Baru-baru ini, UM melalui Lembaga penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) menyelenggarakan Seminar dan Pameran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 2023 pada (28-29/11). Pameran tersebut menampilkan berbagai luaran penelitian dan kreasi seni yang memukau bertempat di Graha Cakrawala.  

Acara ini akan menjadi sarana bagi para akademisi, peneliti, dan praktisi untuk berbagi dan memamerkan inovasi terkini dalam berbagai bidang ilmu. Tidak hanya itu, para mahasiswa juga turut saling unjuk bakat dalam serangkaian acara ini. 

Atas Nama Rektor UM, Wakil Rektor III UM Prof. Dr. Ahmad Munjin Najih, S.Pd., M.Ag. menyampaikan bahwa seminar kali ini merupakan terobosan positif untuk menumbuhkan semangat meneliti dan berinovasi. 

“Kegiatan seminar nasional penelitian dan pengabdian masyarakat ini merupakan pertama kali diselenggarakan oleh UM yang notabene hasil studi banding dari kampus lain sebagai stimulus untuk meningkatkan iklim penelitian dan inovasi di UM,” ungkapnya. 

Senada dengan pernyataan Prof. Munjin, Direktur Riset Teknologi dan Pengabdian Masyarakat (DRTPM) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud Ristek RI Prof. M. Faiz Syuaib mengapresiasi seminar dan pameran LPPM UM. 

“Atas nama DRTPM maupun pribadi, kami sangat mengapresiasi acara ini karena membantu  dalam menyusun kerangka riset pendidikan dan penelitian baik penelitian dasar, terapan, pengembangan, maupun kerja sama dengan mitra terkait,” kata Prof. Syuaib.

Sementara itu secara lebih spesifik, Prof. Dr. Markus Diantoro, M.Si. selaku Ketua LPPM UM melaporkan jumlah peserta yang mengikuti pameran.

“Pameran kali ini menyuguhkan lebih kurang 898 judul penelitian dan 489 judul pengabdian masyarakat,” paparnya.

Rangkaian kegiatan terdiri atas pameran karya inovasi dan hasil penelitian para peneliti dan mahasiswa UM melalui poster, Talkshow, Pertunjukan Seni, Kunjungan Siswa, Scientist Talk, hingga Faculty Show. Luaran menarik lainnya yang dihasilkan dari mahasiswa juga ditampilkan, seperti fashion show produk hasil pengembangan batik Dewi Rengganis asal Kabupaten Probolinggo yang diprakarsai oleh Prof. Dr. Muslihati S.Ag., M.Pd. 

TIdak kalah menarik, Mahasiswa Fakultas Sastra UM yang tergabung dalam pagelaran seni juga unjuk diri dengan menampilkan tari kreasi adaptasi koreografi tari Kecak Ramayana. Selain itu, kunjungan siswa dari berbagai sekolah di sekitar UM turut meramaikan pameran sembari meningkatkan wawasan dan pengetahuan melalui informasi dari poster.  

Seminar Nasional dan Pameran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UM 2023 menjadi ajang untuk meningkatkan kreativitas, inovasi, maupun pemberdayaan masyarakat. Kegiatan ini juga mampu menjadi wadah yang menginspirasi, memotivasi, dan memperkuat jejaring kolaborasi antara akademisi dan khalayak umum.

Pewarta: Paundra Wangsa Fajar Kusuma – Internship Humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM