image_pdf

Malang. Menyikapi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek), Universitas Negeri Malang (UM) mengeluarkan beberapa kebijakan untuk mendukung program tersebut. Kebijakan UM terkait MBKM dan sarana pendukung yang telah dikembangkan, salah satunya adalah menyelenggarakan kegiatan: Sosialisasi Program dan Aplikasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Universitas Negeri Malang untuk para Dosen dan Mahasiswa.


Kegiatan Sosialisasi Program dan Aplikasi MBKM UM dilaksanakan mulai tanggal 15 Juni 2021 sampai dengan 19 Juni 2021 dengan partisipasi dari berbagai fakultas mulai dari FIP, FE, FS,FT, FIS, FMIPA, FIK dan FPPsi.
Staf Ahli Wakil Rektor I Universitas Negeri Malang Prof. Dr. Suyono, M.Pd menjelaskan dalam sambutannya bahwa sosialisasi aplikasi ini sangat penting, karena peran dari aplikasi ini adalah merekam seluruh jejak mahasiswa yang mengikuti berbagai program MBKM. Yang mana nantinya akan berguna untuk pengadaan laporan dan hal hal terkait tentang program MBKM.


“Para mahasiswa terutama diharapkan bersemangat mengisi, dan membuat akun di aplikasi tersebut. Karena terlihat di data banyak mahasiswa yang belum sukarela mengisi jati diri di aplikasi MBKM tersebut” tambahnya.
Melalui aplikasi tersebut para mahasiswa dapat mengikuti dan mengembangkan program-program MBKM di setiap program studi pada program sarjana sesuai dengan Bentuk Kegiatan pembelajaran (BKP) MBKM yang terdiri dari 1) Membangun desa/Kuliah kerja nyata tematik, 2) magang/praktik kerja, 3) asistensi mengajar di sekolah, 4) studi independen, 5) penelitian, 6) kegiatan wirausaha, 7) pertukaran pelajar, dan 8) proyek kemanusiaan.
Diharakan mahasiswa terus mengikuti, dan terus berkoordinasi dengan koordinator prodi, jurusan dan pimpinan fakultas terutama yang berkaitan dengan pendaftaran program MBKM. “Jangan lupa konsultasi dengan atasan, karena dengan berkonsultasi para mahasiswa akan memperoleh penjelasan program MBKM lebih mendetail dan terperinci” jelas Prof. Dr. Suyono M.Pd.


Untuk informasi informasi lebih lanjut. Baik mahasiswa maupun dosen diharapkan tanggap dengan lebih menggali informasi terkait program MBKM. Tutorial pengisian pada aplikasi serta informasi pemilihan program dan lain sebagainya dapat diakses melalui laman https://kampusmerdeka.um.ac.id/ dan https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/.

Pewarta : Rizka Putriana – Internship Humas UM (Mahasiswa Sastra Indonesia UM)