image_pdf
SONY DSC

Lembaga Pengembangan, Pendidikan, dan Pembelajaran (LP3) bersama dengan Himpunan Mahasiswa Departemen (HMD) Bahasa Indonesia menyelenggarakan Seminar Nasional dan Stadium General dengan tema “Penguatan Literasi Terhadap Nilai-Nilai Nasionalisme dan Perilaku Berbahasa Indonesia yang Santun”. Acara tersebut diselenggarakan secara luring di Gedung Sasana Budaya Universitas Negeri Malang (UM) pada Selasa (4/10) dengan dihadiri jajaran pengurus LP3 dan Petinggi Fakultas Sastra. 

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk memeriahkan Bulan Bahasa dan Sastra 2022. Berawal dari LP3 dan HMD Bahasa Indonesia yang memiliki tujuan sama, kemudian hadirlah kolaborasi acara ini untuk Stadium General mata kuliah Pendidikan Bahasa Indonesia UM sekaligus masuk rangkaian acara Bulan Bahasa dan Sastra HMD Bahasa Indonesia.

Pihak LP3 dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris LP3 Dr. Hardika, M.Pd., memberikan sambutan sekaligus apresiasi terhadap kelancaran dan kesuksesan acara. “Kami mengapresiasi dan memberikan kehormatan sekaligus terima kasih yang luar biasa kepada seluruh panitia. Mudah-mudahan diskusi ini bisa memberikan kita pencerahan nilai-nilai nasionalisme dan perilaku bahasa Indonesia yang santun” ujar Dr. Handika.

SONY DSC

M. Aan Mansyur selaku pemateri menjelaskan banyak hal terkait kepenulisan, dunia penulis, sekaligus kekuatan kata-kata membentuk bahasa yang santun sebagai realisasi dari rasa nasionalisme.

“Mudah-mudahan teman-teman yang hadir disini karena menganggap bahasa Indonesia itu penting. Tidak ada di dunia ini yang bisa kita lakukan sendirian. Bahasa adalah suatu modal untuk kita bergaul bersama orang lain dan membuat kita merasa tergabung dalam suatu komunitas. Oleh karena itu, kalau kita mau belajar dan berbahasa yang baik dan santun dapat menunjukkan dengan jelas cara kita berpikir” ujar Aan Mansyur.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab dan diskusi terkait kebahasaan dan kepenulisan bersama M. Aan Mansyur. Sesi tersebut disambut dengan antusias oleh peserta dibuktikan dengan banyaknya peminat yang bertanya dan diskusi bersama.

Internship Humas UM -Nahdiatul Affandiah