image_pdf

Kabar sukacita menyapa dari Universitas Negeri Malang dalam ajang Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) ke 36 yang terselenggara di Universitas Padjadjaran. Pekan Ilmiah Nasional atau dikenal sebagai PIMNAS merupakan kompetisi ilmiah bagi mahasiswa di tingkat nasional. Hampir semua perguruan tinggi di Indonesia aktif berpartisipasi dan berlomba-lomba untuk mengikutsertakan mahasiswanya dalam kompetisi ini. Namun, untuk dapat bersaing di ajang PIMNAS, mahasiswa perlu mengikuti serangkaian tahapan panjang yang memerlukan tekad dan usaha keras. 

Anggota komisi X, DPR RI, Ibu Desy Ratnasari, S.Psi, M.Si, M.Psi., turut hadir dalam malam penutupan dan penganugerahan PIMNAS ke 36 pada hari Kamis (30/11) di Universitas Padjadjaran. Beliau berpesan kepada seluruh adik-adik mahasiswa untuk tetap mengembangkan inovasi-inovasi terbaiknya serta mencari ilmu sebanyak-banyaknya khususnya juga ilmu akhirat untuk mempertebal keimanan.

Di sisi lain, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Bapak Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A., juga turut hadir melalui video conference serta didampingi oleh Ibu Rektor Universitas Padjadjaran, Prof. Dr. Rina Indiastuti, S.E., M.SIE.

Serangkaian tahapan dilakukan agar bisa sampai pada tahap nasional. Proses ini dimulai dengan mengajukan proposal PKM tingkat fakultas lalu dikirim ke universitas untuk di seleksi lebih lanjut dan kemudian terpilih 25 tim perwakilan dari Universitas Negeri Malang untuk maju di tingkat nasional. Dengan cara ini, hanya mereka yang terpilih dan memiliki prestasi terbaiklah yang dapat mewakili universitas untuk berkompetisi di PIMNAS.

Tahun 2023, UM berhasil meraih 18 penghargaan di PIMNAS ke-36 yaitu 14 medali dari keseluruhan kategori juara, diantaranya 5 medali perak, 5 medali perunggu, dan 4 medali emas. Selain itu, Ahmad Mufti Fauzi, Saeful Umam, dan Aida Annisa pun mendapatkan penganugerahan sebagai mahasiswa bertalenta serta Vanesa Kusuma Putri meraih juara favorit.

Pewarta: Zalfa Awwala Q.A – Internship Humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM