image_pdf
Wakil Rektor IV UM, Prof. Ir. Arif Nur Afandi, S.T., M.T., MIAEng., MIEEE., Ph.D. bersama Sub Koordinator Humas Ditjen Diktiristek, Doddy Zulkifli Indra Atmaja pada Workshop Pengelolaan Kehumasan dan Unit Layanan Terpadu (ULT)

Berbicara tentang humas, dalam benak kita akan tertuju pada sebuah tindakan yang berhubungan dengan komunikasi, konfrensi pers, informasi, public relation. Lebih mudahnya diibaratkan sebagai penyampaian segala informasi kepada publik.

Dalam penyampaian informasi tersebut ada sebuah mekanisme bahasa diterapkan. Hal ini dimaksudkan untuk agar pesan yang disampaikan tersebut dapat diterima dengan baik oleh publik yang membutuhkannya. Selain dengan tata bahasa yang baik, informasi ini juga harus dikemas dengan menarik.

Hal di atas yang melatarbelakangi kegiatan Workshop Pengelolaan Kehumasan dan Unit Layanan Terpadu (ULT) 2023 yang diselenggarakan oleh Sub Direktorat Humas dan Kerjasama, Direktorat Data, Informasi, Pemeringkatan, Humas dan Kerjasama, Senin (21/08) . Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Sidang Senat, Graha Rektorat Lantai 9 UM tersebut menghadirkan narasumber Sub Koordinator Humas Ditjen Diktiristek, Doddy Zulkifli Indra Atmaja,  dan dihadiri oleh perwakilan Humas dari setiap unit dan fakultas di UM.

Wakil Rektor IV UM, Prof. Ir. Arif Nur Afandi, S.T., M.T., MIAEng., MIEEE., Ph.D., menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk sinkronisasi kinerja kehumasan di UM. 

“Kalau selama ini kita berpikiran kegiatan kehumasan hanya dilakukan di tingkat universitas, informasi dari unit dan fakultas pasti tidak bisa tertata dengan baik. Oleh karena itu, saat ini kita satukan tujuan untuk meraih cita-cita bersama,” ujar Wakil Rektor IV.

“Mudah-mudahan nanti setelah kegiatan ini berakhir, ilmu-ilmu dari narasumber bisa langsung kita terapkan secara nyata,” pesannya.

Selanjutnya dalam paparan materinya pria yang kerap disapa kang Doddy tersebut menyampaikan materi dan strategi untuk menghadapi AHD. Materi yang disampaikan mencakup pengenalan ajang, pentingnya humas bagi sebuah instansi, taktik promosi instansi yang baik, cara meningkatkan relasi media, hingga cara mengembangkan media sosial yang baik dan benar.

“Untuk memenangkan anugerah ini tidak bisa dilakukan dengan tim Humas sendiri. Harus ada kolaborasi dengan unit-unit lain supaya bisa sukses,” pungkasnya.

Selain sebagai pembekalan keilmuan di bidang kehumasan, kegiatan workshop ini juga sebagai persiapan Anugerah Humas Diktiristek (AHD) tahun 2023.

Dokumentasi kegiatan workshop kehumasan

Workshop Pengelolaan Kehumasan dan Unit Layanan Terpadu(ULT) dalam Rangka Anugerah Humas Diktiristek (AHD)

Pewarta: Nawal Kamilah Ismail – Internship Humas UM

Editor : Suhardi