image_pdf
Rektor UM berdiskusi dengan Dekan FMIPA

Poor. Universitas Negeri Malang (UM) semakin mengokohkan diri sebagai perguruan tinggi berkelas internasional, hal ini salah satunya tercermin dari ditandatanganinya MoU antara UM dengan Universitas Teknologi Malaysia (UTM). Kegiatan penandatangan kesepakatan bersama ini dilakukan pada hari Jumat, 24 Januari 2020 bertempat diruang kerja Rektor, Graha Rektorat UM lantai 8.

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan antara Rektor UM Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd. dengan  Prof. Dr. Abdull Rahim Bin Hj Mohd Yusuf dari UTM yang disaksikan langsung oleh  Direktur HI UM Evi Eliyanah, S.S., M.A., Ph.D., Dekan FMIPA UM Prof. Dr. Hadi Suwono , M.Si., dan Prof. Dr. Hadi Nur dari UTM.

Rektor UM saat menandatangani MoU

Menurut Ibu Evi walaupun UM sudah berkawan lama dengan UTM ini namun masih belum memiliki MoU tingkat universitas. “Sebelumnya kita hanya memiliki letter of intern untuk level kerjasama di Fakultas MIPA. Nah dengan adanya MoU yang level universitas ini kita dapat memperluas wilayah kerjasama kita. Selama ini mungkin hanya di FMIPA, nantinya juga dapat dilakukan dengan Fakultas Teknik, dimana UTM juga merupakan perguruan tinggi yang berbasis pada pengembangan teknologi Malaysia,”ujarnya.

“Dengan MoU ini kita telah bersepakat bahwa mendatang akan lebih menguatkan kembali Nusantara Halal Jurnal, kemudian join research and join degree nantinya. Dari MoU ini kita juga sudah memikirkan untuk dikembangkan menjadi kerjasama three partied dengan Osaka University Japan, karena selama ini Osaka sudah bermitra dengan UTM,”lanjutnya.

Foto bersama setelah penandatangann MoU

“Mendatang akan ada banyak program yang kita jalankan, tidak hanya melibatkan mahasiswa saja dalam join degree, namun ada join Lab juga yang berarti  ada tendik laboran yang akan terlibat dalam aktivitas-aktivitas yang digulirkan berdasar MoU tersebut,”pungkasnya.

Reporter: Kautsar S. Public Relations UM