image_pdf
Program Pre-Service Student Teacher Exchange in Southeast Asia

Setelah terhenti selama pandemi, tahun ini UM mengirimkan 15 mahasiswa yang berasal dari program studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris, S1 Pendidikan Matematika, S1 Pendidikan IPA, S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, dan S1 PGSD untuk mengikuti program SEA Teacher. Dalam program ini mahasiswa akan melaksanakan praktik mengajar selama 1 bulan di sekolah lab universitas mitra. Ke-15 mahasiswa tersebut akan ditempatkan di Thailand yaitu Chiang Rai Rajabhat University dan Lampang Rajabhat University, serta di Filipina yaitu Far Eastern University, Philippine Normal University, dan Pangasinan State University. Sebagai penanda berlangsungnya kegiatan ini secara resmi, Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd. melepas keberangkatan para mahasiswa pada Selasa (22/08/2023).

Program Pre-Service Student Teacher Exchange in Southeast Asia memiliki tujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk melakukan praktik mengajar di sekolah yang berada di Asia Tenggara. Program ini dikoordinasi oleh SEAMEO dengan melibatkan berbagai universitas di Asia Tenggara.

“Mahasiswa UM harus kreatif, inovatif, serta pandai melihat peluang terutama di bidang akademik dan wirausaha di negara pelaksanaan program. Tinggal di negara dengan budaya berbeda akan melatih mahasiswa menjadi lebih adaptif dan memiliki pandangan yang luas dalam menghadapi keberagaman. Dari perbedaan tersebut diharapkan mahasiswa UM mampu menangkap peluang, misalnya peluang dalam kesempatan mengajar atau bekerja maupun kesempatan dalam bidang perekonomian ekspor dan impor. Hal tersebut menjadi modal bagi mahasiswa UM dalam mengembangkan potensi di masa depan,” tutur Rektor UM.

Kegiatan ini tidak lepas dari kerjasama dan dukungan seluruh pihak terutama LPPP dan Kantor Urusan Internasional UM yang turut andil sebagai koordinator teknis program. Dr. Evi Eliyanah, Direktur Kantor Urusan Internasional dalam sambutannya menyampaikan bahwa investasi terhadap ilmu tidak pernah rugi sehingga kegiatan ini merupakan suatu kesempatan besar yang perlu ditangkap oleh mahasiswa.

Selain mengirimkan 15 mahasiswa, UM juga akan menerima 13 mahasiswa dari berbagai universitas mitra tersebut untuk praktik mengajar di Sekolah Lab UM. Pada tanggal 16 Agustus lalu, UM telah menyambut 2 (dua) mahasiswa dari Chiang Rai Rajabhat University. Seluruh mahasiswa Inbound akan ditempatkan di sekolah lab UM, mulai dari Lab Khusus, SD Lab, SMP Lab, dan SMA Lab. Mahasiswa akan diakomodasi secara gratis untuk tinggal di Asrama Internasional UM selama kegiatan berlangsung. 

Pewarta: Achmad Yogi – Internship OIA

Editor: Luthfi Maulida Rochmah