image_pdf

Demi mengembangkan kualitas guru di Indonesia, Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan orientasi untuk peserta PPG Prajabatan gelombang I di awal tahun 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan kampus dan secara simbolis menjadi masa pertama penerimaan peserta PPG tersebut sebagai bagian dari UM. Acara ini diselenggarakan pada Rabu (17/1) di Graha Cakrawala UM dan diikuti oleh 624 mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia. Pada gelombang ini, UM membuka 9 jurusan.

Menurut Slamet Arifin, S. Pd, M. Pd, “Pada gelombang kali ini, jumlah peserta PPG setengah dari gelombang sebelumnya, sesuai dengan jumlah dan jurusan yang diatur oleh Kementerian. Selain prajabatan, UM juga membuka PPG dalam jabatan (daljab) yang sistemnya dilakukan secara daring.”

Sebagai salah satu panitia, beliau tidak kaget bahkan terbiasa mempersiapkan acara seperti PPG ini karena sudah dilakukan setiap tahun, bahkan lebih dari satu kali dalam satu tahun, seperti kegiatan Orientasi Mahasiswa PPG Prajabat Gelombang I tahun 2024 ini. Beliau juga menyatakan bahwa sebagai panitia, waktu persiapan acara ini tidak panjang bahkan mendadak, tetapi karena sudah terbiasa, tidak ada kesulitan. Panitianya pun jarang diubah, sehingga mudah bagi kami untuk menyesuaikan.

Sebagai ketua Program Studi PPG UM, Muhammad Alfan, S. Pd, M. Pd, merasa bahagia dan bangga bahwa UM masih diberi kesempatan dan kepercayaan untuk menyelenggarakan PPG hingga saat ini. PPG UM memiliki ciri khas dengan memberikan mata kuliah elektif untuk menanamkan profesionalisme sebagai guru. Beliau juga menambahkan, “Dikarenakan UM ini kampus pendidikan, jadi memiliki kuota yang banyak untuk PPG setiap tahunnya. Meskipun pesertanya tidak sebanyak gelombang sebelumnya, namun ini merupakan peserta terbanyak dari kampus lain, hal ini juga dikarenakan masih dalam program beasiswa dari Kementerian. Harapan beliau untuk peserta orientasi, semoga lulusan PPG UM ini dapat menggantikan guru yang pensiun dan mendapatkan posisi yang layak serta mampu menanamkan nilai-nilai UM nantinya.

Guna mewujudkan menjadi kampus unggul dalam inovasi pembelajaran, UM memberikan program seperti bela negara dan pramuka. Beliau berharap semoga UM selalu diberi kepercayaan dan bisa menambah jurusan lagi di tahun selanjutnya.

Dalam acara ini, terdapat beberapa pengarahan tentang akun Siakad, Sipejar, dan pemaparan beberapa materi dasar, serta pengenalan ketua di setiap jurusan. Kegiatan ini diakhiri dengan foto bersama peserta bersama Kaprodi PPG.

Pewarta: Tri Anggara Medhi Sampurno
Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM