image_pdf

Tuntas sudah serangkaian kegiatan peringatan HUT Korpri di Universitas Negeri Malang (UM), diawali dari pemeriksaan kesehatan hingga ziarah bersama, peringatan Hari Ulang Tahun Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) ke-52 UM mencapai puncaknya yaitu upacara pada Rabu, 29 November 2023. Upacara dihadiri oleh para dosen dan staf kependidikan dari seluruh fakultas di UM serta para pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) UM. Acara ini berlangsung pada pukul 07.00 WIB di Lapangan Graha Rektorat UM, bersama dengan Prof. Dr. Puji Handayati, S.E.Ak, M.M., CA, CMA. sebagai pembina upacara. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa secara nasional, perayaan HUT Korpri 2023 mengangkat tema “Korprikan Indonesia”. Ditegaskan dalam sambutannya bahwa ini merupakan instruksi yang tujuannya adalah untuk mempertahankan dan meningkatkan harkat serta martabat ASN di Indonesia, termasuk di lingkungan UM. 

Prof. Dr. Puji Handayati, S.E.Ak, M.M., CA, CMA. selaku Wakil Rektor II UM mengingatkan bahwa netralitas sebagai mandat dari UU RI  nomor 20 tahun 2003 tentang aparatur sipil negara harus dijaga, dipatuhi, dan kita kuatkan.

“Jangan sampai anggota Korpri UM terpecah belah pada kepentingan tertentu atau terlihat dalam politik praktis serta terbebas dari intervensi kepentingan politik, ” jelas Prof Puji 

Selain mengingatkan perihal keberpihakan ASN di tengah masa politik ini, dalam upacara tersebut turut ditekankan bahwa ASN memiliki kewajiban untuk belajar sepanjang masa di tengah transformasi dunia yang bersifat dinamis ini. Peningkatan kualitas ASN menjadi hal pokok dalam peningkatan kualitas layanan dan kinerja ASN. 

“Kualitas wawasan ASN menjadi penentu kualitas kinerja dan lahirnya keputusan keputusan institusi yang berkualitas serta berpihak pada kepentingan publik, ” imbuhnya

Pesan penting lain yang turut disampaikan dalam upacara tersebut yaitu mengenai makna cakrawala dalam lingkup UM sebagai The Learning University. Beliau menyampaikan bahwa dalam kerangka pikir The Learning University UM memiliki 2 fungsi dalam mengemban misi sebagai lembaga perguruan tinggi yang harus terus bertransformasi. 

“Fungsi yang pertama, yakni orientasi ke dalam internal untuk mewujudkan UM sebagai the learning organization artinya keterlibatan seluruh unsur dalam sistem organisasi itu mengedepankan aspirasi, pengembangan kepedulian, dan pengembangan kapabilitas ASN sehingga dapat berjalan dengan baik. Kedua, yakni orientasi layanan publik dengan mewujudkan UM sebagai the learning research, maknanya UM membuka akses sebagai tempat dan rujukan belajar bagi seluruh masyarakat”

Upacara ini turut dilengkapi dengan pembacaan Panca Prasetya Korpri yang diikuti seluruh peserta upacara. Di akhir upacara turut dinyanyikan mars korpri serta pembacaan doa yang diaminkan oleh seluruh peserta upacara. 

Pewarta : Zanadia Manik Fatimah – internship humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM