image_pdf

Poor. Memasuki era baru meski badai pandemi belum sepenuhnya berlalu dan sejak pernyataan Presiden RI, Ir. Joko Widodo mengenai pelonggaran peraturan mengenai penggunaan masker sejak Selasa silam (17/05/2022), Universitas Negeri Malang (UM) pun mengambil kebijakan untuk menyelenggarakan wisuda ke-111 dengan menghadirkan seluruh wisudawan dan satu pendampingnya secara langsung. Acara wisuda digelar di Graha Cakrawala pada Sabtu (28/05) dengan tetap menerapkan standart protokol kesehatan covid-19 dan diikuti oleh para pimpinan UM, para wisudawan, para orang tua dan seluruh tamu undangan dengan khidmat. 

Dalam kesempatan yang istimewa ini, Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi`uddin, M.Pd., memberikan apresiasi tinggi bagi para wisudawan. “Atas nama pimpinan dan segenap sivitas akademika UM, saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas keberhasilan Saudara-saudari wisudawan dalam menyelesaikan studi di UM. Saya juga ingin mengucapkan selamat kepada orang tua dan wali wisudawan beserta keluarga atas keberhasilan Ibu/Bapak mengantarkan putera-puterinya menyelesaikan studi di UM dengan baik dan lancar,” ujar Rektor.

Adapun jumlah wisudawan yang terdaftar dalam wisuda ini sebanyak 1.049 orang, jumlah lulusan yang mencapai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) lebih besar dari 2,75 pada program Diploma dan Sarjana sebanyak 857 orang (99,08%). Sedangkan predikat yudisium kelulusannya adalah sebagai berikut: Dengan Pujian sebanyak 566 orang (65,43%); Sangat Memuaskan sebanyak 291 orang (33,64%); dan Memuaskan sebanyak 8 orang (0,92%).

Untuk program Magister dan Doktor, predikat yudisium kelulusannya adalah sebagai berikut: Dengan Pujian sebanyak 87 orang (63,04%); Sangat Memuaskan sebanyak 46 orang (33,33%); dan Memuaskan sebanyak 5 orang (3,62%).

Dari jumlah lulusan wisuda ke-111 di atas, 4 (empat) orang berhasil lulus dengan prestasi terbaik bidang akademik tingkat universitas, yaitu lulusan dengan IPK tertinggi dan lama studi tepat waktu pada suatu jenjang pendidikan. Para lulusan terbaik tersebut yaitu Program Diploma III atas nama Seftianneni Dinitasari, A.Md, putri Bapak Suhardi dan Ibu Nanik Ratna Wati; IPK 3,88; lama studi 6 semester; Program Studi D3 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Sastra (FS); yudisium Dengan Pujian,  untuk Program Sarjana atas nama Karina Awalia Bingesti, S.Pd, putri Bapak Biofatmo dan Ibu Henny Pangestuti; IPK 3,91; lama studi 7 semester; Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jerman, Fakultas Sastra (FS); yudisium Dengan Pujian. 

Berikutnya untuk Program Magister atas nama Herin Fikri Naufal Zhorifah, M.T, putri dari Bapak Heri Suwarsono dan Ibu Endang S; IPK 3,65; lama studi 3 semester; Program Studi S2 Teknik Mesin, Fakultas Teknik (FT); yudisium Sangat Memuaskan, dan Program Doktor atas nama  Dr. Agus Wibowo, putra dari Bapak Mardi dan Ibu Supartinah; IPK 3,98; lama studi 5 semester; Program Studi S3 Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi (FE), yudisium Dengan Pujian. Sedangkan untuk lulusan dengan prestasi terbaik bidang non akademik tingkat universitas, diraih oleh Nor Laili, S.Pd; Program Studi S1 Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP). 

Dengan demikian, UM telah meluluskan sebanyak 142.161 orang; terdiri dari 2.140 orang lulusan program Doktor, 11.067 orang lulusan program Magister; 92.546 orang lulusan program Sarjana, 16.651 orang lulusan program Diploma III; 1.744 orang lulusan PPG; dan 18.013 orang lulusan program Non Gelar.

Pewarta : Luthfi Maulida Rochmah – Internship Humas UM.