image_pdf

Sebanyak 63 mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Universitas Negeri Malang (UM) telah sukses lulus yudisium pada Jumat (17/03). Kegiatan yudisium dilakukan secara luring di Aula Lantai 9 Sekolah Pascasarjana dengan dihadiri Wakil Direktur Sekolah Pascasarjana, Ketua Prodi PPG, jajaran pimpinan Sekolah Pascasarjana, dan mahasiswa PPG Prajabatan. 

PPG Prajabatan merupakan program pendidikan lanjutan bagi lulusan Sarjana Pendidikan yang ingin menjadi guru profesional. Program ini dilaksanakan oleh UM dengan tujuan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia terutama dari segi pendidik.

Wakil Direktur Sekolah Pascasarjana, Prof. Dr. Yusuf Hanafi, S.Ag., M.Fil.I., dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga terhadap prestasi yang diraih oleh mahasiswa PPG Prajabatan. Ia berharap para lulusan dapat mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang telah didapat selama kuliah serta terus berkontribusi dalam dunia pendidikan.

“Kami sampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas keberhasilan saudara dalam menyelesaikan studi di PPG Sekolah Pascasarjana UM. Bersiaplah untuk menapaki kemandirian dan menjejak kehidupan baru di luar kampus, baik pada keluarga, profesi,  maupun masyarakat” ujar Prof. Dr. Yusuf.

Sementara itu, Ketua Program Studi PPG UM, Dr. Muhammad Alfan, S.Pd., M.Pd., merasa bersyukur atas capaian sertifikasi pendidik oleh seluruh mahasiswa PPG Prajabatan yang telah melalui yudisium.

“Kami merasa bersyukur dan bahagia serta dengan segenap kebanggaan kami mengucapkan selamat atas gelar Gr. yang telah diraih. Besar harapan kami agar saudara dapat menjadi suri tauladan bagi para siswa kelak” ungkapnya.

Lulusan terbaik PPG Prajabatan UM Wendy Ayu Putri Viola menyampaikan rasa terima kasih atas pengalaman dan pembelajaran yang telah diraih selama mengikuti PPG Prajabatan di UM. 

“Banyak pengalaman berharga yang kami dapatkan selama mengikuti PPG Prajabatan di UM, seperti pendalaman materi profesional dan pedagogik, peningkatan kompetensi kepribadian dan sosial, wawasan sains dan budaya, wawasan kebangsaan, pendidikan pramuka, uji pengetahuan, dan uji kinerja” paparnya.

Selaras dengan pernyataan tersebut, Bima Dwi Maulana perwakilan lulusan PPG Prajabatan UM berkomitmen untuk terus belajar dan meningkatkan kompetensi. 

“Sebagai manusia saya akan terus belajar, meningkatkan kompetensi dan profesionalitas ke proses nilai tambah secara konsisten dan saya ingin terus mengabdi kepada negara” ujar Bima.

Kegiatan yudisium PPG Prajabatan UM merupakan bagian dari ikhtiar pengembangan dan peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Selamat kepada para lulusan PPG Prajabatan UM, semoga sukses dalam karir sebagai guru profesional.

Pewarta: Paundra Wangsa Fajar Kusuma – Internship Humas UM

Editor: Nahdiatul Affandiah