image_pdf
Staf Ahli Wakil Rektor III UM, Hendra Susanto, Ph.D.

Universitas Negeri Malang (UM) melalui channel Youtube menggelar kegiatan sosialisasi aplikasi Sistem Informasi Aktivitas Mahasiswa (SIMAWA) pada Senin, 10 Mei 2021. Aplikasi SIMAWA merupakan aplikasi yang bertujuan untuk mendata prestasi dan karya mahasiswa UM. Kegiatan yang tayang pada pukul 15.00 WIB ini memiliki tujuan untuk memperkenalkan aplikasi kepada calon mahasiswa baru UM Angkatan 2021.

Hendra Susanto, S.Pd, M.Kes, Ph.D., selaku narasumber  memberi penjelasan bahwa pada dasarnya mahasiswa UM wajib memiliki prestasi dan menjaga nama baik kampus. “Aplikasi SIMAWA ini bertujuan untuk mendata prestasi-prestasi yang dimiliki oleh mahasiswa pada tiap-tiap semester. Prestasi tersebut wajib dimasukkan dalam aplikasi SIMAWA, yang apabila tidak memasukkan konsekuensi logisnya adalah mahasiswa tidak bisa KRS.”

Lebih lanjut dijelaskan  tentang berbagai macam prestasi yang bisa dimasukkan ke dalam aplikasi SIMAWA. “Jadi, prestasi-prestasi tersebut bisa berbagai macam, bisa karya tulis dan berbagai macam aplikasi yang membawa manfaat kepada UM secara umum dan kepada diri sendiri mahasiswa,  serta diharapkan bisa menggangkat UM ke pentas dunia”, ujarnya.

Pungkasnya Staf Ahli Wakil Rektor III UM ini menyampaikan  bahwa berbagai prestasi mahasiswa tersebut memiliki banyak manfaat dalam menempuh karir. “Prestasi mahasiswa tersebut bisa digunakan sebagai dasar untuk mengisi SKPI atau Surat Keterangan Pendamping Ijasah. Manfaat lain dari prestasi mahasiswa UM yang ada di SIMAWA adalah membuat nama UM semakin berkibar, atau bahasa lainnya adalah menjaga nama baik kampus UM”, pungkasnya.

Penulis             : Ferril Irham Muzaki

Link Youtube  : https://youtu.be/bzJo656DulU