image_pdf
Wahyu Nur Hidayat menyampaikan skema uji kompetensi

Poor. Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Pertama (LSP-P1) Universitas Negeri Malang (UM) menggelar webinar Sosialisasi Uji Kompetisi Mahaiswa pada Kamis, 4 Maret tahun 2021. Kegiatan yang dilakukan secara daring dengan menggunakan platform Video Conference Zoom  ini bertujuan menyampaikan pentingnya uji kompetisi bagi mahasiswa.

Dalam pemaparan awal, Dr. Rina Rifqie Mariana selaku Direktur LSP UM menyampaikan manfaat sertifikasi uji kompetisi bagi para mahasiswa. “Sertifikasi ini penting untuk brand image anda. Selain itu, sertifkat ini menjadi salah satu persyaratan penting bagi mahasiswa yang ingin memasuki dunia kerja tertentu.”

Dr. Rina Rifqie Mariana menyampaikan manfaat sertifikasi

Lebih lanjut, Dr. Rina juga menjelaskan bahwa sertifikasi ini meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan diri. Sertifikasi  juga menjadi tolak ukur dan bukti bahwa kemampuan yang dimiliki telah diakui secara nasional. Karena sertifikat dibuat langsung oleh Badan Nasonal Sertifikasi Profesi (BNSP).

Setelah pemaparan awal oleh Dr, Rina, kegiatan dilanjutkan dengan sosialisai uji kompetensi oleh Wahyu Nur Hidayat, M.Pd selaku Manager Sertifikasi LSP UM.

Bentuk sertifikasi uji kompetensi

“Untuk skema uni kompetensi saat ini yang sedang dibuka, kebanyakan yang bisa mendaftar hanya mahasiswa Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) dan Fakultas Sastra yang terdiri dari 10 skema.” Ujar Wahyu Nur Hidayat, M.Pd.

Namun di sisi lain, LSP sudah menyiapkan 11 Skema baru disamping 10 skema yang sudah ada. “Alhamudillah tahun ini kami sudah menyiapkan 11 skema baru yang nantinya diharapkan sebagian besar mahasiswa UM itu sudah bisa ter-sertifikasi di tahun depan.” Jelas Wahyu Nur Hidayat, M.Pd.

Penyelenggaraan uji kompetensi ini bersifat sangat penting karena mahasiswa membutuhkan sertifikat pendamping ijazah sebagai personal brandingnya. Dalam pelaksanaannya, uji kompetensi ini akan merujuk pada protikol kesehatan. Selain itu, LSP juga telah bekerja sama dengan Pusat TIK UM untuk menciptakan aplikasi pendaftaran dengan tujuan mengantisipasi terjadinya kerumunan.

Pewarta           : Muhammad Zaid Al Khair – Internship Humas UM