image_pdf
Pagelaran seni oleh siswa PAUD/TK

Malang-Belajar di waktu kecil bagai mengukir di atas batu, sedangkan belajar sesudah besar bagai melukis di atas air. Pepatah itu seringkali kita dengar untuk menggambarkan bagaimana pelajaran yang diberikan pada anak usia dini akan melekat dalam benak mereka sampai usia dewasa.

Pepatah di atas selaras apabila kita sematkan pada kegiatan pagelaran seni yang diselengggarakan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Kependidikan Sekolah dan Pra Sekolah (KSDP) FIP UM, Kamis (15 12/2022).

Aksi lucu dan gemes anak usia dini tersaji pada panggung pagelaran Seni ini, menggambarkan bagaimana hebatnya anak-anak Indonesia. Pagelaran ini merupakan tugas akhir  mata kuliah Inovasi seni terpadu yang diampu oleh Drs. Usep Kustiawan , M.Sn, mata kuliah tari anak usia dini yang diampu oleh  Munaisra Tri Tirtaningsih , S.Pd, M.Pd, kesehatan dan gizi anak usia dini oleh Dr. Pramono , S.Pd, M.Or, dan mendongeng yang dimapu oleh Wuri Astuti , S.Pd, M.Pd.

Pembina mata kuliah kesehtan dan gizi, Dr. Pramono , S.Pd, M.Or menyampaikan bahwa pagelaran seni ini rutin dilakukan setiap akhir semester sebagai penilaian tugas mata kuliah mahasiswa PGPAUD UM. Tahun ini diselenggarakan lebih meriah dengan mengundang TK/PAUD se-Malang raya, diantaranya; TK Lab UM, TK Anak Hebat, TK Negeri Pembina 1, TK Aisyiah Bustanul Athfal 7 dan lainnya.

“Pagelaran ini bukan kompetisi, melainkan pentas seni saja. Mahasiswa kami selama ini telah mengimplentasikan pembelajaran di TK/PAUD, terkait dengan seni terpadu, seni tari, kesehatan dan gizi. Nah hari ini, kami akan melihat capainnya. Sejauh mana mahasiswa kami mampu menyerap ilmu dibangku perkuliahan yang kemudian dikembangkan dalam pembelajaran di lapangan,” jelasnya.

Terkait bagaimana membiasakan pola hidup sehat, Ketua Departemen PGSD FIP UM ini menambahkan mahasiswa PGPAUD dilatih untuk membuat masakan sehat.

“Kita ajari mahasiswa kita untuk membuat masakan yang sehat, nutrisi dan gizinya terpenuhi. Setiap anak perlu mendapatkan nutrisi yang baik sesuai usianya guna memastikan pertumbuhan dan perkembangan yang sehat. Dengan memulai praktik nutrisi yang baik sejak dini juga dapat membantu anak untuk mengembangkan pola makan yang sehat. Memang hal ini tidak mudah untuk dilakukan, tetapi tetap harus dipenuhi,” tambahnya.

Pentas mendongeng oleh mahasiswa PGPAUD FIP UM

“Praktik memasak pun tidak hanya sekali dilakukan, mahasiswa awalnya membuat masakan sehat yang kemudian kita lakukan evalusi, kekuranganya apa, kemudian disempurnakan pada praktik kedua. Hasil dari praktik keduanya ini sudah kita pasarkan,” lanjutnya.

Target dari kegiatan ini diharapkan dapat menambah perbendaharaan kreasi seni dan literasi makanan sehat untuk masyarakat, khususnya untuk anak-anak. sehingga melalui kegiatan ini, ke depannya akan tercipta generasi sehat dan mencerdaskan.

Pagelaran seni ini dibuka oleh Sektretasi Universitas, Drs. I Wayan Dasna, M.Si. M.Ed., Ph.D. kegiatan yang berlangsung dua hari ini mengambil tema Bangkit Generasi PAUD Bersatu, UM Berkarya.

Penuis: Suhardi