image_pdf
Pembawa Acara Orientasi PPG

Poor. Orientasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Angkatan I Tahun 2021 Pascasarjana Universitas Negeri Malang resmi dibuka pada Jumat (09/04) secara daring via telekonferensi melalui aplikasi Zoom. Kegiatan tersebut diikuti oleh 656 mahasiswa PPG yang sudah memenuhi syarat dan sudah melaksanakan lapor diri. Terdapat 8 bidang studi yang tersedia dalam PPG dalam jabatan angkatan I ini yakni Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Guru Kelas, Taman kanak-kanak (TK), Bimbingan Konseling (BK), Ilmu Pendidikan Alam (IPA), Teknik Komputer dan Informatika, PPS, dan Bisnis Pemasaran

Postgraduate Director

“Peserta yang mengikuti PPG ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia, diantaranya adalah Aceh, Bali, Banten, DKI Jakarta, Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Bangka Belitung, Riau, Lampung, Nusa Tenggara Timur, Sumatra Barat, Sumatra Utara, Sumatra Selatan,” tambah Makbul Muksar, koordinator PPG.

Moderator dan Narasumber menyampaikan materinya

Dalam pembukaan kegiatan orientasi PPG ini, direktur Pascasarjana UM, Prof. Dr. Ery Tri Djatmika Rdjianto Wahju Wardhana, MA, M.Si memberikan selamat kepada seluruh mahasiswa yang telah masuk dan bergabung dengan PPG UM. Ia berharap agar mahasiswa belajar sungguh-sungguh dalam mengembangkan pengetahuan di bawah bimbingan para instruktur dan guru pamong sehingga capaian target keberhasilan bisa terwujudkan.

Tahapan Penyelenggaraan PPG dalam jabatan 1

“Proses mekanisme kegiatan PPG ini diantaranya adalah 1) Guru dalam jabatan belum bersertifikat pendidik yang sudah lulus seleksi akademik tahun 2017, 2018, 2019; 2) Lulus seleksi administrasi; 3) Konfirmasi kesediaan; 4) Penetapan calon mahasiswa PPG Dalam Jabatan; 5) Lapor diri; 6) Pendalaman materi 5 sks; 7) Pengembangan Perangkat Pembelajaran 3 sks; 8) Uji Komprehensif; 9) PPL di sekolah asal; 10) UKMPPG (UKIN 4 hari, UP 2 hari); 11) Guru Profesional bersertifikat pendidik,” jelas coordinator PPG dalam materi pertama yang disampaikannya.

Pewarta: Ulya Aziza Fitriya – Internship Humas UM