image_pdf

Poor. TEP-ers Universitas Negeri Malang (UM) melaksanakan Webinar Literasi Digital bagi guru-guru di SMP Wahid Hasyim, Kota Malang pada Selasa (27/7/21).Pelaksanaan kegiatan webinar ini dilakukan secara daring mengingat kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang masih berlangsung sebagai respon pemerintah terhadap lonjakan kasus Covid-19.

Kebijakan pembelajaran daring akibat penyebaran Covid-19 yang masih tinggi menyebabkan meningkatnya kebutuhan literasi pembelajaran secara digital. Berbagai kalangan berupaya mengadaptasi berbagai teknologi digital dalam mengusung terlaksananya kegiatan yang telah ditetapkan. Seluruh pelaksana kegiatan khususnya tenaga pendidik berikhtiar mereformulasi desain-desain, model-model, metode-metode maupun media pembelajaran yang awalnya berformat tatap muka kemudian berganti menjadi virtual.

Dalam pembukaannya, Dr. Dedi Kuswandi, M.Pd. selaku ketua pelaksana menuturkan bahwa pembelajaran abad 21 merupakan keniscayaan yang tak dapat terhindarkan dan semua aspek dipengaruhi oleh teknologi digital. Menyikapi hal tersebut, perlu adanya penekanan baru untuk mendukung pembelajaran yang sekarang ini telah terjadi secara digitalisasi.

“Berpijak pada latar belakang tersebut, para TEP-ers sebagai wajah kolaborasi antara dosen dan mahasiswa dari Jurusan Teknologi Pendidikan UM menyelenggarakan webinar tentang literasi digital untuk para guru-guru. Literasi digital itu luas karena perkembangan TIK yang pesat. Maka pemangkasan materi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang sederhana buat para guru terkait dengan literasi digital”, ungkap Zahid selaku penyelenggara Webinar Literasi Digital sekaligus mahasiswa Teknologi Pendidikan UM.

Sajian materi pada kegiatan webinar ini berkenaan dengan literasi digital yang dirangkum menjadi lima materi. Kelima materi tersebut terdiri dari: (1). pembelajaran abad 21, (2) karakteristik pebelajar, (3) asesmen digital, (4) presentasi digital dan (5) manajemen digital dengan menggunakan Microsoft Teams. Materi-materi tersebut dipilih dengan menyesuaikan sekolah mitra serta memberikan pemahaman secara sederhana kepada para guru.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan para guru dalam berliterasi digital karena abad 21 menuntut adanya digitalisasi di segala bidang, termasuk pendidikan. Di samping itu, kegiatan webinar ini juga diharapkan dapat terselenggara Kembali dengan skala yang lebih besar, sehingga kebermanfaatan yang dihasilkan juga merata dan massif.

Pewarta: Siti Nuradilla – Internship Humas UM