image_pdf
Rektor UM, Prof. Hariyono, M.Pd dan Mr. Isanka P.Gamage selaku Co-Founder dan Managing Director TIIKM melakukan penandatanganan kerjasama

Universitas Negeri Malang (UM) baru saja melakukan kesepakatan kerjasama dengan The International Institute of Knowledge Management (TIIKM) pada Kamis (03/11/2022). Kegiatan dilaksanakan secara luring di aula lantai 9 Graha Rektorat UM. Tujuan penandatangan MoU (Memorandum of Understanding) ini tidak lain adalah untuk mewujudkan misi UM sebagai kampus rujukan dunia sehingga berbagai upaya internasionalisasi dilaksanakan. 

TIIKM merupakan sebuah entitas yang menjembatani para praktisi pendidikan untuk membagikan penelitiannya yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dengan berbagai kegiatan seperti; publikasi dan penyelenggaraan konferensi internasional. Diharapkan dalam penandatanganan kerja sama ini, UM dapat mewujudkan salah satu Indikator Kinerja Utama (IKU) yaitu untuk menjalin kerja sama dengan mitra internasional lebih khususnya yaitu menyelenggarakan sebanyak 25 konferensi internasional. 

Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd., dalam kesempatan tersebut membuka acara dan mengungkapkan selamat datang kepada perwakilan TIIKM yang akan menjadi mitra di kampus UM dan apresiasinya atas kerja sama yang terjalin. 

“Saya ucapkan selamat datang kepada Mr. Isanka P.Gamage selaku Co-Founder dan Managing Director TIIKM. Berhubung background TIIKM ini dari Sri Lanka, hal yang menarik adalah kita ini dulunya memiliki nasib yang sama sebagai negara yang pernah dijajah. Namun sekarang kita sama-sama sudah bangkit dan terus bergerak untuk semakin memajukan negara masing-masing. Oleh karena itu, diharapkan kolaborasi ini akan berjalan baik berlandaskan kesamaan latar belakang dan juga visi misi untuk memajukan pendidikan,” ujar Prof. Hariyono. 

Perlu diketahui bahwa UM yang berdiri pada tahun 1954 memiliki fokus di bidang pendidikan dan juga baru-baru ini dalam THE World University Ranking (WUR) UM mendapat peringkat 1 nasional di bidang pendidikan. Selain itu, UM juga mendapat peringkat 4 tingkat nasional di bidang teknik dan ilmu fisika. Mudah-mudahan kerja sama ini dapat mengembangkan potensi yang dimiliki oleh UM,” lanjut Rektor UM.

Mr. Isanka P.Gamage selaku Co-Founder dan Managing Director TIIKM turut memberikan sambutannya dalam kesempatan tersebut. Beliau juga memaparkan sekilas terkait organisasi TIIKM kepada para pimpinan UM yang hadir dalam acara.

“Saya berterima kasih banyak atas terjalinnya kerja sama ini. Saya juga ingin memaparkan sedikit terkait TIIKM atau The International Institute of Knowledge Management untuk anda semua, agar lebih memahami organisasi kami sehingga kedepannya dapat mewujudkan lebih banyak kolaborasi lagi. Jadi organisasi kami berdiri pada tahun 2012 di Sri Lanka. Pada awalnya kami berfokus pada praktisi pendidikan di Sri Lanka, namun hari ini kami sudah melebarkan sayap di ranah Asia. Kita membantu mereka untuk terus berkolaborasi, meningkatkan kualitas penelitiannya dengan cara diaudiensikan ke ranah internasional. Sehingga hasil penelitian lebih dikenal dan diharapkan dapat bermanfaat bagi banyak praktisi pendidikan lain, khususnya di negara-negara Asia,” papar Mr. Isanka P.Gamage. 

Pewarta: Malichatus Sa’diyah – Internship Humas UM