image_pdf

Universitas Negeri Malang (UM) berkolaborasi dengan Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3)  serta Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) untuk menyelenggarakan kegiatan Survey Pengembangan Kompetensi Guru Tahun 2024 bertempat di Gedung A21 Sekolah Pascasarjana UM pada Sabtu (23/3).

Ditjen GTK bersama dengan BP3 menginisiasi kegiatan ini untuk mengumpulkan data dan informasi yang dapat digunakan sebagai dasar acuan untuk pengembangan kompetensi guru nasional ke depannya.

Sejumlah guru dari berbagai sekolah di Kota Malang berpartisipasi dalam survey ini. Kegiatan survei dilakukan secara daring dan melibatkan serangkaian tes untuk menguji sejauh mana kompetensi guru di Kota Malang. Mekanisme dan teknis pelaksanaan survei melibatkan pengisian survey melalui aplikasi serta pengumpulan umpan balik dari peserta terkait perangkat yang ada di dalamnya. Registrasi dibuka mulai pukul 8 hingga 8.30 pagi, sesi tes dimulai pada pukul 9 pagi hingga pukul 12 siang.

Melalui bantuan dari Dinas Pendidikan Kota Malang, tim survey berhasil menghimpun data guru-guru  dari berbagai latar belakang dan kualifikasi di Kota Malang yang memenuhi kriteria bidang studi yang telah ditentukan oleh Dirjen GTK. Setelah data terhimpun, seluruh guru dihubungi untuk berkenan berpartisipasi dalam survey this.

Tidak hanya dilaksanakan di UM, kegiatan survey ini juga dilaksanakan di Universitas Negeri Makassar (UNM) dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Survey ini tidak memiliki skor penilaian atau kriteria lulus-tidak lulus. Data yang dikumpulkan akan dianalisis untuk menjadi dasar pemetaan kompetensi dan pengembangan kompetensi guru secara nasional.

Pihak penyelenggara mengucapkan terima kasih kepada UM atas fasilitas yang telah diberikan dalam pelaksanaan survey ini. Berkat dukungan dari UM, serangkaian kegiatan survey mulai dari persiapan sampai pelaksanaan ujian dapat berjalan lancar dan sesuai prosedur yang diharapkan. Lebih lanjut tim penyelenggara juga berharap agar seluruh peserta dapat menjaga kerahasiaan perangkat dan proses pelaksanaan survey

“Terutama kepada seluruh peserta survey kami mohon perkenannya dan bantuannya untuk merahasiakan perangkat dan juga segala bentuk pelaksanaan termasuk soal-soal yang ada di survey ini,” ujar Sheila, salah satau perwakilan tim survey dari Ditjen GTK

Pewarta: Syabiilah Azzahroh Widytamoko – Internship Humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM