image_pdf

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Malang (UM) kembali mengirimkan relawan untuk membantu para korban bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur. Pengiriman relawan tahap II ini dilaksanakan pada Jum`at (02/11) di Graha Rektorat.

Jumlah tim relawan yang diberangkat ada 18 orang yang merupakan mahasiswa dan dosen gabungan dari beberapa Fakultas serta para pengurus Organisasi Mahasiswa (Ormawa). Semua relawan yang berangkat ini akan bertugas selama satu minggu kedepan untuk menggantikan para relawan tahap I yang telah bertugas selama satu minggu sebelumnya di Cianjur.

“Kegiatan ini memang sudah menjadi kebijakan Universitas untuk turut hadir membantu ketika ada musibah atau bencana di wilayah Indonesia, sebagai bentuk aksi kemanusiaan. UM memberikan support yang besar untuk kegiatan ini,” ungkap Wakil Rektor III, Dr. Ahmad Munjin Nasih, S.Pd., M.Ag., ketika memberikan pembekalan pemberangkatan relawan.

“Setelah ini aka nada pengiriman relawan tahap III dan kami masih membuka donasi untuk dikirimkan kesana. Untuk memaksimalkan kegiatan, kami juga sudah berkoordinasi dengan kampus lain yang ada disana, seperti ITB,” lanjut Dr. Munjin.

Disamping itu, Kepala Seksi Program LP2M UM, Yusniawati, S.Pd., juga menambahkan akomodasi apa saja yang dibawa oleh tim relawan UM. “Untuk yang sekarang kami membawakan terpal untuk mendirikan tenda darurat lebih banyak, karena ada beberapa pos yang jaraknya jauh dari pos utama dan hanya dibangun dengan menggunakan sarung atau jarik. Kami juga membawakan makanan untuk anak kecil guna psikologi healing,” ujarnya.

“Selain itu, kami juga membawa obat-obatan dan barang yang bisa digunakan untuk operasional kegiatan disana, seperti alat bangunan. Terakhir, kami juga mengirimkan dua sepeda trail untuk membantu para relawan melakukan mobilitas ke daerah-daerah yang tidak bisa dijangkau oleh mobil, karena pengalaman kemarin sewa motor disana harganya mahal dan remnya blong. Semoga perjalanan dan kegiatan relawan UM bisa berjalan lancar dan selamat serta sehat selalu,” pungkas Bu Yusnia.

Pewarta: Luthfi Maulida Rochmah – Internship Humas UM.