image_pdf

Poor. Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) Universitas Negeri Malang (UM) sukses gelar seminar kewirausahaan Youngpreneur Talks yang dilaksanakan pada Rabu (30/06). Dengan mengusung tema “Set Up Your Mind To Be A Great Entrepreneur”, webinar ini menghadirkan tiga pemateri utama yaitu Agra Locita Paramita selaku Marketing and Brand Development Manager PT. Aseli Dagadu Djokdja, Achmad Khadafi Sapiie selaku Ketua Program Ideanation, dan Muhammad Idris Setiawan selaku Founder Visualgo.id.

Wakil Rektor III Universitas Negeri Malang (UM) Dr.Mu’arifin M.Pd

Wakil Rektor III Universitas Negeri Malang (UM) Dr.Mu’arifin M.Pd dalam sambutannya menjelaskan bahwa, “acara ini sangat urgen karena dua hal yang pertama karena situasi umum karena saat ini kita berada di dunia digital  yang mana harus segera menyesuaikan diri. Alasan yang kedua adalah adanya program pemerintah yaitu MBKM memberi keleluasan terhadap mahasiswa dalam hal belajar, dan dalam hal mendapat akses informasi, oleh karena itu dengan adanya kebijakan ini, mahasiswa dituntut menjadi sosok entrepreneur. Entrepreneur mempunyai ciri khas yaitu berani,inovatif,tangguh, dan tanggap menyuarakan ide ide baru sehingga untuk kondisi ini penyelenggaraan webinar ini sangat strategis,” ungkapnya.

Ditambahkan wakil Rektor III, “kegiatan ini bertujuan untuk penyesuaian diri terhadap perubahan yang terjadi di lingkungan, UM dalam bidang kewirausahaan sudah sangat terkenal, kuantitas peminatnya pun juga semakin bertambah. Secara kualitas dalam konteks kewirausahaan mahasiswa kerap menjuarai berbagai perlombaan, bahkan dinobatkan menjadi juara umum. Bidang akademik memang penting, namun dalam bidang entrepreneur pun juga tak kalah penting. Bukti empiris menunjukkan mereka mereka yang mempunyai jiwa kewirausahaan itulah mereka yang mampu survive. Tidak sekedar hidup tapi mereka juga mewarnai kehidupan. Mewarnai kehidupan inilah yang berarti mampu berguna bagi orang lain”, pungkasnya.

Andreas Syah Pahlevi, S.Sn, M.Sn., selaku ketua tim pengembang PMW UM mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan dapat menjadi landasan serta motivasi mahasiswa untuk berwirausaha. Selain Andreas Syah Pahlevi, salah satu narasumber yaitu Agra Locita Paramita selaku Marketing and Brand Development Manager PT. Aseli Dagadu Djokdja juga memaparkan mengenai dunia wirausaha amat penting dengan ide ide kreatif nya untuk menumbuhkan wirausahawan wirausahawan baru. “Tolak ukur untuk menjadi wirausahawan adalah harus sensitif terhadap kegiatan, apa yang menjadi trend, apa yang sedang dibutuhkan orang banyak. Kita harus pintar observasi orang lain,” jelasnya.

Diharapkan webinar kewirausahaan Youngpreneur Talks Universitas Negeri Malang yang digelas dengan menghadirkan tiga narasumber handal dapat memberikan lebih banyak manfaat dan menularkan ilmunya kepada para peserta yang mengikuti dengan antusias acara ini secara santai namun juga efektif serta efisien.

Pewarta           : RIZKA PUTRIANA – Internship Humas UM (Mahasiswa Sastra Indonesia UM)