image_pdf

Wisuda menjadi momen penting dan paling ditunggu bagi setiap orang yang telah berhasil menyelesaikan studinya sebagai gerbang awal untuk memasuki dunia kerja yang penuh dengan tantangan dan persaingan. Universitas Negeri Malang (UM) kembali sukses menggelar wisuda ke-113 secara luring dengan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19 yang ketat. Acara ini dilaksanakan di Graha Cakrawala dan disiarkan langsung melalui kanal Youtube UM Channel pada Kamis (28/07/2022). Dihadiri secara langsung oleh Rektor, Ketua Senat Akademik, Para Wakil Rektor, Para Dekan dan Wakil Dekan III serta panitia yang bertugas. Wisuda ke-113 menjadi lebih spesial dikarenakan UM menambah kuota peserta yang boleh hadir untuk menjadi saksi bersejarah ini, yakni wisudawan dan kedua orang tuanya.

Penyerahan ijasah oleh Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rifi’uddin, M.Pd kepada salah lulusan terbaik dalam wisuda periode 113 UM

Dalam kesempatan yang bersejarah ini, Rektor UM, Prof. Dr. A.H Rofi`uddin, M.Pd., turut memberikan sambutan dan apresiasi setinggi-tingginya untuk para mahasiswa yang diwisuda pada angkatan ke-113. “Selanjutnya, atas nama pimpinan dan segenap sivitas akademika UM, saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas keberhasilan Saudara-saudari wisudawan dalam menyelesaikan studi di UM. Saya juga ingin mengucapkan selamat kepada orang tua dan wali wisudawan beserta keluarga atas keberhasilan Ibu dan Bapak mengantarkan putra-putrinya menyelesaikan studi di UM dengan baik dan lancar,” ujar Rektor.

Jumlah wisudawan yang terdaftar dalam wisuda kali ini sebanyak 1.003 orang, dan yang mencapai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) lebih besar dari 2,75 pada program Diploma dan Sarjana sebanyak 835 orang (99,17%). Sedangkan predikat yudisium kelulusannya adalah sebagai berikut: Dengan Pujian sebanyak 549 orang (65,20%); Sangat Memuaskan sebanyak 286 orang (33,97%); dan Memuaskan sebanyak 7 orang (0,83%).Untuk program Magister dan Doktor, predikat yudisium kelulusannya adalah sebagai berikut: Dengan Pujian sebanyak 113 orang (70,19%); Sangat Memuaskan sebanyak 46 orang (28,57%); dan Memuaskan sebanyak 2 orang (1,24%).

Dari jumlah lulusan wisuda ke-113 di atas, empat orang berhasil lulus dengan prestasi terbaik bidang akademik tingkat universitas, yaitu lulusan dengan IPK tertinggi dan lama studi tepat waktu pada suatu jenjang pendidikan. Nama-nama keempat lulusan tersebut kami sampaikan beserta gelar akademik dan sebutan profesionalnya, sebagai berikut; Program Diploma III: Vanissa Dyah Rahmaprilia, A.Md, putri Bapak Hari Prasetya dan Ibu Sri Indah Sulistyorini; IPK = 3,85; lama studi 6 semester; Program Studi D3 Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB); yudisium With compliments. Degree program: Athalla Nauval Bhayangkara, S.Pd, putra Bapak Mat Sholeh dan Ibu Ninik Hariyani; IPK = 3,97; lama studi 7 semester; Program Studi S1 Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP); yudisium With compliments. Masters Program: Harnanto, M.Pd, putra dari Bapak Kateni dan Ibu Sugiyati; IPK = 4,00; lama studi 3 semester; Program Studi S2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial (FIS); yudisium With compliments.  Doctoral Program: Dr. Husni Hanafi, putra dari Bapak Hidayat dan Ibu Siti Hasanah; IPK = 4,00; lama studi 5 semester; Program Studi S3 Bimbingan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), yudisium With compliments.

Rektor UM, Prof. Dr. Ah. Rofi’uddin, M.Pd didampingi Wakil Dekan II FS,
Dr. Moch. Syahri , S.Sos, M.Si menyerahkan ijasah kepada wisudawan yang telah meninggal dunia. Ijasah diterimakan kepada orangtua wisudawan.

Sedangkan untuk lulusan dengan prestasi terbaik bidang non akademik tingkat universitas, diraih oleh Hawiki Renalia, S.Pd; Program Studi S1 Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial (FIS). Dengan demikian, Dengan demikian, UM telah meluluskan sebanyak 144.162 orang; terdiri dari 2.206 orang lulusan program Doktor, 11.332 orang lulusan program Magister; 94.158 orang lulusan program Sarjana, 16.709 orang lulusan program Diploma III; 1.744 orang lulusan PPG; dan 18.013 orang lulusan program Non Gelar. 

Pewarta: Luthfi Maulida Rochmah – Internship Humas UM.