image_pdf

Universitas Negeri Malang (UM) menjadi salah satu kampus penyelenggara dalam ajang Asean University Games (AUG). Kegiatan bertajuk pertandingan olahraga antar mahasiswa ASEAN ini rutin digelar setiap 2 tahun sekali dan Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah pada tahun 2024. AUG ke-21 ini akan dilaksanakan di dua kota Jawa Timur, yaitu Kota Surabaya dan Malang. Tepat pada Hari Selasa (30/01/2024), panitia AUG melakukan visitasi lapangan yang ada di UM. 

Sekretaris pelaksana AUG 2024, Muchamad Arif Al Ardha, S.Pd., M.Ed., Ph.D., menyampaikan tujuan kedatangannya di UM bersama panitia penyelenggara yang lain. “Kegiatan ini bertujuan untuk visiting venue yang dihadiri 13 orang dari ASEAN University Sport Council dan perwakilan dari setiap negara ASEAN,” tutur Muchamad Arif.

Dosen Universitas Negeri Surabaya (UNESA) ini juga menyampaikan bahwasannya pada tahun ini AUG dilaksanakan di dua kota, dengan menjadikan beberapa perguruan tinggi sebagai penyelenggara. “UM menjadi tempat pelaksana cabang olahraga paling banyak, meliputi badminton, panahan, dan voli pantai. Kami juga menunjuk Universitas Negeri Islam Malang (UIN Maliki), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) untuk perguruan tinggi yang ada di Malang,” tambahnya. 

Sedangkan perwakilan dari Federasi Olahraga Akademik Timor-Leste, Ir. Zeferino Viegas Tilman, L.Agp., M.Appl.Sc., IPM juga menyampaikan bahwa perguruan tinggi yang telah dikunjungi memiliki fasilitas yang berkualitas. “Setelah melakukan kunjungan di beberapa perguruan tinggi ini, secara umum semua perguruan tinggi tadi memiliki fasilitas yang berkualitas. Sehingga memadai untuk terselenggaranya pertandingan olahraga yang akan dilaksanakan pada Bulan Juni nanti,” tutur Ir. Zeferino.

Dr. Mu’arifin, M.Pd. selaku dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) UM turut menyerukan kepada seluruh mahasiswa UM untuk berpartisipasi secara aktif mengikuti kegiatan ini nanti. “Semoga kita sukses dalam penyelenggaraan dan berhasil meraih banyak prestasi,” harapnya. 

Dikarenakan bertempat di dua kota, maskot yang dihadirkan pada ajang AUG merupakan hasil perpaduan ikon keduanya. Ikan sura dan buaya sebagai ikon Kota Surabaya, serta ekor singa sebagai representasi Kota Malang.

Pewarta : Hania Nuha Tsabita – Internship Humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM