image_pdf

Universitas Negeri Malang (UM) menerima kunjungan dari SMAN 1 Ngimbang Lamongan dan MA Unggulan Techno Scientist Karangploso pada hari Rabu (31/01) yang diselenggarakan di Lantai 9 GKB A19 UM. Pada kesempatan kali ini, kunjungan diikuti oleh para siswa kelas 12 dari masing masing sekolah dengan tujuan mendapatkan informasi yang jelas seputar kampus dan seleksi masuk UM. 

Kegiatan kunjungan diawali dengan sambutan oleh Bapak Supriyanto, perwakilan dari SMAN 1 Ngimbang Lamongan. Beliau menyampaikan bahwa siswa SMAN 1 Ngimbang memiliki minat yang tinggi untuk bergabung dalam keluarga besar UM.

“Kali ini kita membawa 268 siswa kelas 12 dan banyak dari mereka yang antusias ingin masuk ke UM. Selain itu kami juga ingin meningkatkan persentase jumlah siswa yang masuk UM utamanya jalur SNBP. Jadi kami berharap UM dapat memberikan tips dan trik yang bisa ditempuh oleh adik-adik kelas 12 ini agar dapat lolos ke UM melalui jalur SNBP,” tutur pengelola kurikulum SMAN 1 Lamongan itu.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono, M.Pd, perwakilan dari  MA Unggulan Techno Scientist Karangploso sekaligus sebagai ketua Yayasan Pengembangan Sumber Daya Indonesia. Dalam sambutannya, Prof. Bambang mengucapkan terimakasih kepada humas UM telah menerima kunjungan mereka. Prof. Bambang juga menyampaikan bahwa ia berharap siswa nya nanti banyak yang akan diterima di UM. 

“Saya membawa putra putri MA Techno Scientist kesini supaya lebih mengenal dan memperoleh informasi yang jelas terkait UM. Tentunya nanti harapannya membuka jalan bagi yang memiliki motivasi tinggi untuk bisa melanjutkan studi ke UM,” ucap Ketua Program Studi S2 dan S3 Manajemen Pendidikan FIP UM itu.

Dalam pemaparan materi, Dra. Komariyah selaku Kasubag Direktorat Kerjasama dan Humas menyampaikan bahwa secara nasional terdapat 3 jalur pendaftaran PTN yaitu SNBP dan SNBT, adapun jalur seleksi masuk yang lain yaitu jalur mandiri. Diantara 3 jalur pendaftaran itu, jalan utama nya adalah SNBP dan SNBT.

“Persentase kuota penerimaan camaba melalui jalur masuk SNBP sebesar 30 persen, SNBT 40 persen dan mandiri 30 persen, sehingga mulai sekarang adik-adik harus mempersiapkannya apabila ingin melanjutkan kuliah di perguruan tinggi”, ungkap Komariyah.

Diakhir penyampaian materi, Dra Komariyah juga mengapresiasi dan memotivasi para siswa siswi kelas 12 yang ingin melanjutkan pendidikan di UM. Para siswa siswi yang hadir begitu khidmat menyimak materi yang diberikan oleh Dra Komariyah. Tidak lupa, setelah penyampaian materi, UM memberi cinderamata secara khusus kepada SMAN 1 Ngimbang Lamongan dan MA Unggulan Techno Scientist Karangploso dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama sebagai penutup acara.

Pewarta : Inayah Amalia Taufani – Internship Humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM